Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati Madina Tinjau Posko Pengobatan Wabah Skabies di Kotasiantar, Panyabungan


					Bupati Madina Tinjau Posko Pengobatan Wabah Skabies di Kotasiantar, Panyabungan Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Bupati Mandailing Natal Muhammad Jakfar Sukhairi Nasution meninjau posko Konsultasi dan pengobatan gratis bagi warga yang terdampak wabah Scabies atau Skabies, di Halaman Bolak Bagas Godang Kelurahan Kotasiantar, Kecamatan Panyabungan, Selasa (30/08/2022).

Pasalnya, di hari kedua ini, sebanyak 184 orang mendaftar untuk mengikuti pengobatan gratis penyakit wabah Skabies atau gatal- gatal, mulai dari balita, remaja, orang tua bahkan lansia ini rata- rata keluhannya yang sama.

Bupati Mandailing Natal Muhammad Jakfar Sukhairi Nasution mengatakan wabah Skabies ini berasal dari kutu, dan penyakit ini bisa menular, namun tidak perlu di takuti karena sudah biasa di temukan oleh tim medis.

Rata rata pasien yang datang berobat mengalami gejala yang sama, menderita gatal gatal terutama diselah jari jari tangan, perut, kaki dan selangkangan.

Di sampaikan Bupati, untuk memutuskan mata rantai skabies tidak cukup dengan pengobatan, tetapi harus di iringi dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola kebersihan.

Kemudian Sukhairi menghimbau masyarakat melalui kepala Desa, Lurah dan Camat agar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bagaimana caranya melakukan pola hidup bersihan dan sehat.

Salah satu pasien yang berobat ke posko Dinas Kesehatan, Nur Asiyah menyebutkan penyakit gatal- gatal yang menyerang keluarganya ini sudah sekitar satu bulan.

” Awalnya anak anak yang kena, kemudian saya, suami saya, gatal kali hingga korengan bekas garutan. Sebelumnya juga, Sudah pergi berobat ke mantari, namun datang lagi bahkan semakin parah, pas diobati berkurang tapi datang lagi,” keluh Nur Asiyah. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 101 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kasat Binmas Polres Palas Beri Penyuluhan di Sekolah MTSN 1

19 Juli 2024 - 19:41

Camat Siabu : Kegiatan Jum’at Bersih Memperkuat Silaturahmi Antar Instansi

19 Juli 2024 - 11:55

Nurul, Siswi Berprestasi Asal Lingga Bayu Mengaku Bangga Ketemu Bupati Madina

18 Juli 2024 - 23:10

Pj. Walikota Padangsidimpuan Terima Audensi Pengurus PWI Tabagsel

18 Juli 2024 - 23:02

Kades Ujung Batu I Palas Terima Mahasiswa KKL Dari IAIPL

18 Juli 2024 - 21:59

Pj. Walikota Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan

18 Juli 2024 - 14:03

Trending di Berita Daerah