Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Kades Se Kecamatan Bukit Malintang Bantu Pembangunan Makam Pahlawan Kapten Malik Affan Siregar


					Kades Se Kecamatan Bukit Malintang Bantu Pembangunan Makam Pahlawan Kapten Malik Affan Siregar Perbesar

Madinapos.com – Bukit Malintang.

Kepala Desa Se – Kecamatan Bukit Malintang Bantu Pembangunan Makam Pahlawan Kapten Malik Affan Siregar yang terletak di Desa Huta Bangun Jae, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Camat Bukit Malintang juga selaku Pj. Kepala Desa Malintang Jae Roihan di dampingi Kepala Desa Huta Bangun Jae Subur Batubara, ST kepada awak media mengatakan, hari ini, Kamis (21/07/2021)  dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Makam Pahlawan Kapten Malik Affan Siregar yang di saksikan oleh Danramil 12 Siabu Infantri Benhot Hutabarat di wakili Babinsa Koramil 12 Siabu Pelda Sulhan Panjaitan beserta anggota dan beberapa Kepala Desa Se – Kecamatan Bukit Malintang.

Pembangunan Makam Pahlawan Malik Affan Siregar ini lanjutnya, memang sudah lama hendak di bangun,” namun atas izin Allah Swt pada Tahun ini baru bisa terwujud, hal ini terjadi atas dasar inisiatif dari Kepala Desa Se – Kecamatan Bukit Malintang, sedangkan Dana yang terkumpul untuk pembangunan Makam Pahlawan Kapten Malik Affan ini berjumlah Rp.15.500.000, Insya Allah sebelum Taggal 17 Agustus 2022 Pembangunannya sudah selesai”, katanya.

Roihan berharap kepada warga Kecamatan Bukit Malintang setelah selesai nantinya pembangun Makam Pahlawan Kapten Malik Affan Siregar ini, supaya hendaknya kita sama sama menjaga kebersihan dan keindahan makam tersebut.

“Karena beliau adalah pahlawan kita, pahlawan tanpa tanda jasa, yang harus kita kenang sepanjang masa, semoga ini menjadi amal ibadah buat kita dan para Kepala Desa Se – Kecamatan Bukit Malintang”, tutupnya.

Berdasarkan informasi sejarah Kapten Malik Affan Siregar, dikutip oleh Purnawarman Siregar : Pada Tanggal 6 Agustus 1949 oleh Komandan Tempur Matun Siregar memerintahkan pasukannya untuk mengadakan perhubungan dengan Komandan Batalyon TNI V Marahasian Siregar ke Pasar Matanggor melalui jalan pintas dari Sibulele, Angkola Jae. Yang terdiri dari 7 anggota Pasukan salah satunya Malik Affan Siregar.

Pada Tanggal 7 Agustus 1949 pukul 05.00 Pagi, anggota pasukan yang ditugaskan dicegat oleh pasukan tentera Belanda sepulang dari Pasar Matanggor bertepatan di ujung kampung Sirambutan, sehingga terjadi tembak – menembak antara pasukan Belanda.

Dalam pertempuran itu Malik Affan Siregar gugur kena tembak serdadu Belanda. Jenazah Almarhum Malik Affam Siregar di bawa dari kampung Sirambutan Sibulele menuju Kampung Puntu Padang Julu dengan angkutan Pedati.

Pada Tanggal 8 Agustus 1949 di adakan upacara pemakaman dan di halaman rumah Malik Affan Siregar. Acara pelepasan Jenazah di Pimpin oleh Si Maskou orang Sumatera Timur dan kata pelepasan Jenazah oleh Komandan Komli VIII Kohop Siregar, sambutan perpisahan oleh Camat Militer Aziz Bahri Huta Suhut dengan Pemakaman di Gonting Salak Desa Huta Bangun pada waktu itu.

Setiap hari Proklamasi Kemerdekaan RI para Forkopimcam dan Kepala Desa Se Kecamatan Bukit Malintang melaksanakan Ziarah dan Do’a serta Tabur Bunga pada lokasi makam ini. (R-Anwar Nst)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 82 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Forkopimda Madina Gelar Sholat Subuh Berjamaah di Mesjid Agung Nur Ala Nur, Panyabungan

25 September 2022 - 10:05

DPRD Dan Pemkab Madina Setujui KUPA-PPAS APBD 2022

24 September 2022 - 22:03

DPC MAPAN RI Gelar Sosialisasi, Dukung Visi Bupati Tapsel Sehat Tanpa Narkoba

24 September 2022 - 19:31

Erwin Efendi Buka Word Tourism Day 2022 di Jembatan Merah Desa Kayu Laut, Madina

24 September 2022 - 11:53

Bupati Sukhairi : Santri Bisa Menjadi Pemimpin Bangsa Dimasa Depan

23 September 2022 - 17:55

Insfratruktur Jalan di Panyabungan Timur Dibangun, Masyarakat Ucapkan Terimakasih

23 September 2022 - 17:50

Trending di Berita Daerah