Menu

Mode Gelap

Sumatera Utara

Rakor di Kantor Gubernur Sumut, Eli Mahrani Laporkan Program Kerja YKI Madina


					Rakor di Kantor Gubernur Sumut, Eli Mahrani Laporkan Program Kerja YKI Madina Perbesar

Madinapos.com – Sumut.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution menghadiri Rapat Koordinasi YKI se-Sumatera Utara dan Workshop Perawatan Paliatif Pasien Kanker di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No. 41 Medan. Kegiatan ini berlangsung dua hari mulai tanggal 12-13 Juli 2022.

Rakor dan workshop tersebut juga dihadiri Ketua YKI Cabang Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis, Sekretaris YKI Cabang Provinsi Sumut Siti Zahara Nasution, dan Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg. Ismail Lubis.

Dalam rakor tersebut, masing pengurus YKI di 33 kabupaten/kota se-Sumut melaporkan perkembangan organisasi YKI yang dipimpin masing-masing.
Ketua YKI Madina Eli Mahrani dalam laporannya mengatakan pengurus YKI Cabang Kabupaten Madina dibentuk berdasarkan surat keputusan pengurus YKI Provinsi Sumut dengan Nomor: 023/SKEP/YKISU/VIII/2021.

Kemudian, surat tersebut ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Bupati Madina Nomor: 440/2228/DINKES/2021 tanggal 14 September 2021 tentang Susuanan Pengurus YKI Cabang Mandailing Madina masa bakti 2021-2025.

Eli menjelaskan, YKI cabang Kabupaten Madina merupakan cabang yang baru terbentuk dengan kepengurusan yang saat ini merupakan kepengurusan pertama di Kabupaten Madina.

” Sekretariat kepengurusan YKI cabang Kabupaten Madina berada di Komplek Perkantoran Bupati Lama, Jalan Willem Iskander No.11, Kecamatan Panyabungan,” katanya

Eli mengungkapkan YKI Cabang Madina telang mengadakan beberapa kegiatan, di antaranya pengenalan dan pencegahan dini kanker pada anak sekolah dan Kegiatan ini diadakan di di SMA Negeri 2 Plus Panyabungan dengan peserta siswa dari SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, SMA Negeri 3 Panyabungan, dan MAN 1 Panyabungan.

Kegiatan serupa juga digelar di Kecamatan Siabu dengan peserta siswa dari SMA Negeri 1 Siabu, MAN Huraba, dan SMP Negeri 1 Siabu.

Selain itu, Eli memaparkan, YKI Cabang Madina juga menggelar sosialisasi dan deteksi dini kanker mulut rahim dengan pemeriksaan IVA Test di Puskesmas Panyabungan Jae dan Puskesmas Siabu.

” Kami juga melakukan pendampingan kepada pasien penderita kanker melalui kunjungan ke rumah, pendampingan di rumah sakit, dan pendampingan pengurusan administrasi,” tutur Eli

Menurut Eli, pihaknya juga membuat program penguatan organisasi melalui rapat kerja tahunan, peningkatan sarana dan prasarana Sekretariat YKI Cabang Madina.

Selain itu, pihaknya juga membuat media informasi, baik melalui sosial media maupun melalui pamflet atau brosur. Juga mmMelakukan sensus kanker di wilayah Madina bekerja sama dengan rumah sakit dan Puskesmas.

” Kami juga melakukan penggalangan dana atau donasi untuk pasien penderita kanker,” tuturnya.(Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Farianda : Menghadapi Era Digitalisasi Perusahan Pers harus Mau Berbenah Atau Tertinggal

28 Juli 2022 - 14:59

Ketua TP PKK Madina : Keluarga Menjadi Pondasi Penting Membangun Karakter Bangsa

7 Juli 2022 - 17:00

Bupati Madina Periksa Kondisi Mess Pemda di Medan

25 Juni 2022 - 01:06

Gubsu Lepas 5.000 Peserta Fun Bike Semarak Bhayangkara di Lapangan Benteng, Medan

19 Juni 2022 - 13:23

Plt. Bupati Lepas 178 Jamaah Calon Haji Asal Kabupaten Palas Menuju Madinah

17 Juni 2022 - 11:12

Babak Baru Penertiban PETI, Polda Sumut Menggelar Rapat Koordinasi Dengan Pemkab Madina

13 Juni 2022 - 19:49

Trending di Sumatera Utara