Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati Madina Ajak Masyarakat Lestarikan Sungai Lewat Lubuk Larangan


					Bupati Madina Ajak Masyarakat Lestarikan Sungai Lewat Lubuk Larangan Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Ja’far Sukhairi Nasution ikut serta menebarkan jala, berbaur dengan masyarakat penjala ikan pada pembukaaan Lubuk Larangan Desa Pidoli Lombang Kecamatan Panyabungan, Kamis (5/5/2022) pagi.

Bupati menyalakan petasan sebagai tanda pembukaan Lubuk Larangan dan penangkapan menggunakan jala ikan ini dimulai pukul 09.00 Wib. Pantauan di lokasi, masyarakat dari luar Kecamatan Panyabungan juga turut hadir dan sangat antusias mengikuti pembukaan lubuk larangan tersebut. Sementara masyarakat dan perantau menunggu ikan hasil tangkapan untuk dibeli.

Pada acara ini  Bupati hadir bersama pihak pengurus BKM Masjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan. Sementara panitia mensyaratkan setiap peserta yang ikut menjala ikan, wajib membayar tiket Rp 50 ribu/orang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi PNNB Desa Pidoli Lombang yang telah memelihara kelestarian sungai dengan cara membuat Lubuk Larangan. Cara-cara ini kata Bupati sudah termasuk kegiatan positif untuk menjaga kelestarian lingkungan sungai dan habitat ikan air tawar yang belakangan ini sudah mulai langka dipasaran.

Bupati Sukhairi juga menerangkan bahwa hasil tiket yang didapat dari Lubuk Larangan tersebut diberikan kepada anak yatim dan fakir miskin di desa setempat,” melalui Lubuk Larangan melekat agenda luhur, hasilnya untuk kepentingan mereka yang membutuhkan saat lebaran ini”, ucapnya.

” Saya atas nama Pemkab Madina sangat bersyukur atas kebijakan yang dilakukan oleh masyarakat pada setiap desa dan kelurahan yang membuat Lubuk Larangan ini, tentunya ini harus berkelanjutan jangan sampai punah”, ungkapnya.

“Saya juga mendapat informasi jika Lubuk Larangan Desa Pidoli bisa 2 kali dalam setahun, ini cukup luar biasa,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia Lubuk Larangan Desa Pidoli Lombang, Muhammad Husein mengaku pihaknya menyediakan 1.000 lembar tiket yang di jual Rp 50 ribu kepada peserta” Alhamdulillah sekitar 500 an tiket sudah terjual,”ujarnya.

Husein mengucapkan terima kasih kepada Bupati Madina dan rombongan atas keringanan langkah untuk ikut serta menjadi peserta pasa kegiatan penangkapan ikan di Lubuk Larangan ini,” kehadiran bapak Bupati membawa berkah bagi kami, peserta sangat ramai, terima kasih pak Bupati kami,” ucapnya.(Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Madina Lepas Kontingan Nasyid dan Qasidah Ikuti Festival di Sumut

25 September 2022 - 20:36

Forkopimda Madina Gelar Sholat Subuh Berjamaah di Mesjid Agung Nur Ala Nur, Panyabungan

25 September 2022 - 10:05

DPRD Dan Pemkab Madina Setujui KUPA-PPAS APBD 2022

24 September 2022 - 22:03

DPC MAPAN RI Gelar Sosialisasi, Dukung Visi Bupati Tapsel Sehat Tanpa Narkoba

24 September 2022 - 19:31

Erwin Efendi Buka Word Tourism Day 2022 di Jembatan Merah Desa Kayu Laut, Madina

24 September 2022 - 11:53

Bupati Sukhairi : Santri Bisa Menjadi Pemimpin Bangsa Dimasa Depan

23 September 2022 - 17:55

Trending di Berita Daerah