Menu

Mode Gelap

Madina Bisnis

Pabrik Porang Pertama Sumut Diresmikan, Kerjasama Petani Melalui Digitalisasi Koperasi TL – Link


					Pabrik Porang Pertama Sumut Diresmikan, Kerjasama Petani Melalui Digitalisasi Koperasi TL – Link Perbesar

Madinapos.com – Sumut.

Pabrik porang pertama di Sumatera Utara milik CV. Serasi Jaya Nusantara (SJN) berkapasitas 90 Ton / hari diresmikan. Tergetkan tampung semua produksi petani untuk memenuhi kebutuhan eksport tepung glucomannan dan chips kering ke berbagai negara tujuan.

Zeffry Sutanto, pemilik pabrik porang mengatakan management pabrik diperioritaskan akan membeli porang petani di Wilayah Sumatera Utara dalam jumlah besar, sehingga kedepan petani tidak perlu kuatir dengan penjualan hasil panen

Ia juga mengatakan SJN sebagai pengelola pabrik saat ini juga sudah berkerjasama dengan PT. Digital Handal Indonesia (DHI) sebagai pengembang Koperasi Terang Lestari (TL-Link) secara bersama-sama memasyarakatkan tanaman porang kepada petani dalam rumah tangga.

Untuk menggerakan pertanian porang, CV. Serasi Jaya Nusantara (SJN) sebagai pemilik dan pengelola pabrik didukung oleh PT Digital Handal Indonesia (DHI), perusahaan platform digital sekaligus pengembang Koperasi Terang Lestari Link (TL-Link) secara bersama-sama memasyarakatkan porang kepada petani kelas Rumah Tangga.

“Jadi untuk rumah tangga yang memiliki lahan 100 M2 sudah dapat menjadi petani porang, petani cukup menyediakan lahan, polybag dan pupuk, PT. DHI akan menyediakan bibit . Petani Rumah Tangga menjadi anggota Koperasi TL-Link, yang akan mendukung hingga panen dan penjualan ke pabrik”, paparnya kepada media ini, Senin (10/1/22)

Ditambahkan Zeffrey Sutanto kapasitas produksi pabrik mencapai 90 ton per-hari, jadi petani porang tidak perlu kuatir karena pabrik akan membelinya dengan harga terbaik,” kami bekerjasama dengan PT DHI dan Koperasi TL-Link yang juga menyediakan bibit porang, bahkan Koperasi TL Link menyiapkan aplikasi koperasi digital, sehingga usaha porang ini semakin modern dan transparan.” tutupnya.

Sementara itu Komut PT. DHI menyatakan kehadiran PT DHI dengan Koperasi TL Link ingin berkontribusi kepada masyarakat Sumatera Utara, khususnya petani porang dengan konsep modern melalui digitalisasi koperasi.

“Aplikasi koperasi TL – Link tersedia di playstore, petani cukup menjadi anggota koperasi dan daftar secara online, kemudian
kami juga memberikan sertifikasi untuk bibit porang, sehingga porang yang ditanam, hasilnya benar-benar memenuhi kualitas eksport”, paparnya.

San Herib juga menyampaikan bahwa PT. DHI telah menyediakan lahan pertanian percontohan tanaman porang yang dikelola secara profesional,” kami mengajak seluruh masyarakat yang ingin meningkatkan perekeonomian keluarga untuk memanfaatkan kesempatan menjadi petani porang skala rumah tangga”, tutupnya.(**)

Penulis : Romadi **

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 127 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Salad Buah Ummi Khanza Yang Segar Dan Menyehatkan di Madina Expo Ekraf 2022

12 Agustus 2022 - 18:32

Farianda : Menghadapi Era Digitalisasi Perusahan Pers harus Mau Berbenah Atau Tertinggal

28 Juli 2022 - 14:59

BI Kantor Sibolga Survey Tempat Bantuan Usaha Depot Air Minum di Pesantren Darul Ikhlas Panyabungan

26 Juli 2022 - 17:40

Lopo Madheling Coffee Daftarkan 2 Produk Unggulan Raih Serifikat Halal

26 Juli 2022 - 16:00

Rakor di Kantor Gubernur Sumut, Eli Mahrani Laporkan Program Kerja YKI Madina

12 Juli 2022 - 18:09

1 H Jelang Idul Adha 1443 H, Harga Bahan Pokok Naik Drastis

9 Juli 2022 - 14:52

Trending di Madina Bisnis