Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Nelayan Natal : Selamatkan Sungai Batang Natal


					Nelayan Natal : Selamatkan Sungai Batang Natal Perbesar

Madinapos.com – Natal.

Belasan nelayan yang berdomisili di Desa Setia Karya Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara terlihat kompak berpose mengenakan baju kaos putih bertuliskan Selamatkan Sungai Batang Natal atau dengan hastag #Save Sungai Batang Natal, Selasa (11/1/22).

Aksi yang dilakukan merupakan bentuk himbauan moral, disampaikan kepada sesiapapun terutama Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Hulu Sungai yang tidak mengindahkan kelestarian alam dan merugikan nelayan di sepanjang DAS dan hilir sungai.

Amrizal, salah seorang nelayan yang turut dalam aksi tersebut kepada media ini menuturkan semenjak aktifitas PETI mempergunakan alat berat berupa Excavator di Sungai Batang Natal, kehidupan nelayan sangat terganggu karena air yang biasanya bisa digunakan untuk kegiatan mandi, cuci dan kakus kini keruh dan sudah tidak layak lagi digunakan.

“Yah tidak layak lah pak, meski masih ada juga yang menggunakan nanti bisa terjangkit penyakit seperti penyakit kulit atau gatal-gatal karena kualitas air sudah tak baik digunakan”, katanya.

Hal senada juga diucapkan Andri,” nelayan lainnya nasibnya sama seperti saya, keruhnya air hingga kelaut menyebabkan dasar laut berlumpur, terumbu karang juga mati sehingga ikan semakin sulit didapat, hanya aksi himbauan moral seperti ini yang bisa kami lakukan dan semoga pengambil kebijakan di negeri ini terketuk hatinya untuk berbuat sesuatu”. tutupnya.

Sebagaimana diketahui bersama, aksi PETI menggunakan alat berat dua tahun belakangan ini memang sangat marak terjadi di sepanjang DAS Batang Natal, akibatnya lumpur yang hanyut menutupi muara sungai atau terjadinya pendangkalan sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar kelaut lepas.

Bisa dibayangkan, banjir besar dipenghujung tahun 2021 ini sedikit banyaknya diakibatkan telah rusaknya alam. Kepada media ini sekelompok nelayan tersebut meminta agar semua pemangku kebijakan turun tangan untuk menyelamatkan sungai batang natal,” Save Sungai Batang Natal”, teriak mereka. (**)

Penulis : Syukri**

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 527 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Bupati Madina Ajak Warga Timbang Sampah Tukar Dengan Beras 3 Kilogram di Stand Binaan Dinas LH

13 Agustus 2022 - 02:00

Di Acara Madina Ekspo Ekraf 2022, Sukhairi Cicipi Jajanan Berbahan Dasar Ikan Stand Dinas Kelautan dan Perikanan

13 Agustus 2022 - 01:49

Camat Roihan : Rangkaian Kegiatan HUT RI Ke 77 Tahun 2022 di Kecamatan Bukit Malintang

13 Agustus 2022 - 01:42

Bupati Sukhairi Buka Acara Madina Ekspo Ekraf 2022, Rangka HUT – RI Ke 77

12 Agustus 2022 - 17:54

Mandailing Natal Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2022 Kategori Pratama

12 Agustus 2022 - 16:34

Memperingati HUT RI Ke – 77 Tahun 2022, Pemkab Madina Gelar Tausiah, Zikir dan Doa Bersama

12 Agustus 2022 - 12:37

Trending di Berita Daerah