Menu

Mode Gelap

Pendidikan

Potret Prestasi : Sains, Seni dan Olahraga Warnai Langit MAN 2 Madina


					Potret Prestasi : Sains, Seni dan Olahraga Warnai Langit MAN 2 Madina Perbesar

Memiliki prestasi adalah impian setiap siswa di manapun mereka berada. Dan merupakan suatu kebanggaan pula bagi pihak sekolah jika siswa-siswi yang mereka didik mampu bersaing dan menggapai prestasi yang mereka impikan. Entah itu prestasi di bidang kemampuan akademik atau yang lainnya. Baru-baru ini, beberapa prestasi telah dicapai oleh siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Mandailing Natal.

Kemampuan mereka di bidang akademik, seni dan olahraga telah menoreh tinta emas di lembaran sejarah sekolah yang berada di ujung negeri pesisir Pantai Barat. Di akhir tahun 2021 kemarin, beberapa siswa menyandang predikat juara atas keberhasilan mereka dalam mengikuti beberapa kompetisi.
Salah satu siswa yang menorehkan tinta bahagia di madrasah tersebut adalah Nisa Arisma, siswa kelas XII IPA Ali yang mengikuti Olimpiade Sains Soedirman (OSS). Olimpiade Sains ini dilaksanakan oleh PEMA Universitas Sumatera Utara dan bekerja sama dengan Garuda Sains Indonesia pada tingkatan SMA/SMK/MA dan SMP/Mts.

Nisa dan beberapa temannya mengikuti olimpiade tersebut, dari proses pendaftaran sampai pada pengumuman juara mereka ikuti dengan baik. Proses mendaftar dimulai tanggal 26 Oktober sampai 26 November dan pelaksanaan olimpiade dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober, namun karena ada pertimbangan dari pihak GSI (Garuda Sains Indonesia) diundur menjadi tanggal 12 Desember dan tanggal 19 Desember.

Pengumuman juara diumumkan pada hari ketiga setelah olimpiade selesai dilaksanakan. Nisa Arisma dan beberapa temannya yang mengikuti olimpiade tersebut mendapatkan hasil yang baik. Ia memperoleh juara 1 tingkat provinsi dan akan melaju ke tingkat nasional. Begitu pula dengan Widia Lestari, siswa kelas XII IPA Umar tersebut menyabet juara 2 dan akan melaju juga ke tingkat nasional. Tentu ini menjadi kebanggaan bagi pihak madrasah. Sebelas siswa MAN 2 Madina yang ikut dalam kompetisi tersebut meski tidak semuanya juara, tetapi mereka lulus ke tingkat nasional.

Di bidang seni, ada Rizki Abdillah, siswa kelas XI Agama Abu Bakar dan Riyana Rahmadani siswa kelas X Agama An-Nasa’i yang meraih juara 2 dalam ajang Kompetisi Pentas Seni Islam bertajuk ‘Madina Bersholawat’ tingkat Kabupaten Mandailing Natal, yang dilaksanakan pada tanggal 18-21 Desember 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Parkir Masjid Agung Nur Alanur Aek Godang dan diikuti oleh 690 peserta dengan lima kategori. Rizki Abdillah dan Riyana Rahmadani berhasil menyabet juara 2 untuk kategori vokal remaja putra dan putri.

Sekali lagi, keberhasilan ini mewarnai langit MAN 2 Mandailing Natal.

Di bidang olahraga, ada beberapa siswa yang berhasil memboyong piala, membawakan oleh-oleh untuk MAN 2 Madina setelah selesai melaksanakan Aksioma (Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah) tingkat kabupaten yang dilaksanakan pada tanggal 23 November 2021. Beberapa siswa yang meraih juara adalah Uza Sandi Putra kelas XI Agama Abu Bakar meraih juara 1 lomba tenis meja single putra, Edo Adrio kelas XII IPS At-Tarmidzi dan Gusriandi kelas XII IPS Muslim juara 1 Bulu Tangkis ganda putra.

Selain itu ada Ajibsyah, Aditya, Irgi Fahrezi yang lulus seleksi tim futsal, Asruddin, Arif Chandra Azhari lulus seleksi bola voli putra, Lulu Hikmah dan Rita Ivanka yang lulus seleksi bola voli putri.

Prestasi yang mereka peroleh ini patut diacungi jempol. Kemampuan yang dimiliki para siswa menjadi cimeti bagi pihak madrasah untuk melatih bakat para siswa. Dan menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk menggali potensi yang ada dalam diri mereka. Pihak madrasah dan Kepala Madrasah, Bapak Rahmuddin, M. Si mengapresiasi keberhasilan para siswa tersebut yang telah menorehkan tinta emas dalam lembaran sejarah akhir tahun 2021, dan telah melukis warna-warni langit MAN 2 Mandailing Natal. Sehingga keberhasilan tersebut menjadi harapan baru untuk keberhasilan di tahun-tahun selanjutnya. (**)

Penulis : R. Y. Ita ** (Guru MAN 2 Mandailing Natal)
Photo : Gedung Sekolah MAN 2 Mandailing Natal di Kecamatan Natal.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 349 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Rapat Orang Tua Murid SD 285 Simpanggambir Hasilkan Kepengurusan Komite Sekolah Periode 2022 – 2027

3 Agustus 2022 - 10:43

Monalisa Akhirnya Punya Seragam Sekokah, Ibunda Ucapkan Terimakasih

1 Agustus 2022 - 08:09

Bupati HM. Jakfar Sukhairi Nasution Serahkan Petikan SK PPPK 483 Guru di Madina

28 Juli 2022 - 16:35

Korwil 12 Disdik Madina di Linggabayu Pimpin Sertijab Kasek SD 285 Simpanggambir

26 Juli 2022 - 09:08

Kodim 0212/Tapsel Laksanakan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

24 Juli 2022 - 18:39

MAN 4 Madina Salurkan Dana PIP Kepada 196 Siswa Secara Transparan

23 Juli 2022 - 23:08

Trending di Pendidikan