Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bencana Kerap Terjadi, Camat Minta Tim SAR Dibentuk di Pantai Barat Natal


					Bencana Kerap Terjadi, Camat Minta Tim SAR Dibentuk di Pantai Barat Natal Perbesar

Madinapos.com – Natal : Wilayah Pantai Barat Natal menjadi salah satu wilayah Kabupaten Mandailing Natal yang menjadi langgana banjir, struktur geografis daerah ini memang berada di pinggir laut dan melintasnya sejumlah sungai besar yang bermuara ke samudra hindia. Ketika musim hujan, beberpa desa di Kecamatan Natal, Muara Batang Gadis dan Batahan selaku menjadi langganan Banjir.

” Tim SAR dan alat-alat Evakuasi sangat dibutuhkan di Wilayah Natal mengingat daerah ini merupakan daerah rawan bencana sebagaimana banjir yang baru saja terjadi sebanyak 14 Desa di Wilayah Kecamatan Natal yang terdampak bencana Banjir dan ini kita jadikan sebagai pelajaran kedepannya agar lebih siap untuk menghadapi bencana-bencana alam yang mungkin saja terjadi” kata Camat Natal, Saipuddin S.sos pada Madinapos Selasa 21/12/2021 saat di wawancarai.

Saipuddin, S.Sos mengaku hal ini juga sudah disampaikannya pada Bupati Mandailing Natal H.M.Ja’far Sukheri Nasution saat kunjungannya melihat kondisi banjir pada Senin kemaren.

Camat mengaku, ketika banjir datang, akses menuju desa desa terdampak sangat sulit di lalui, harus ada tim spesial dan terlatih untuk menerobos ketika ada banjir, karena ketika banjir, ketinggian air di sejumlah Desa yang menjadi langganan banjir bisa mencapai 2 sampe 3 meter.

Ali Hanafiah, tokoh Pantai Barat Natal yang di hubungi Madinapos, mengaku sepakat atas usul pembentukan tim SAR di wilayah Pantai Bara Natal.

” ya kita sepakat itu dan bermohon agar Pemerintah Daerah membentuk dan mempasilitasinya karena jelas itu amanat UU dan Peraturan” kata Ali Hanafiah.

Dijelaskannya, sesuai Undang Undang nomor 24 tahun 2014 tentang pertolongan dan Pencarian, kemudian Undang Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana serta Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2002 tentang hak dan kewajiban kapal dan pesawat dalam melaksanakan hak lintas alur laut. Dari dasar ini sudah bisa di bentuk Tim SAR di Pantai Barat Natal ini mengingat letak geografis nya sudah sesuai.

” wilayah Pantai Barat Natal itu adalah garis pangai terpanjang di Sumut¬† lo, jadi wajar tim SAR di bentuk di wilayah ini, kemudian daerah ini memang jelas selalu menjadi pekerjaan rumah pemerintah ketika musibah banjir datang.” Papar Ali.

Untuk itu, Ali Hanafiah yang juga pernah menjadi Anggota DPRD Madina itu meminta DPRD Mandailing Natal menguatkan Pemerintah Daerah untuk Pembentukan Tim SAR di Wilayah Pantai Barat Madina ini.

Reporter : Han/ Syukri

 

Facebook Comments Box
loading...
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Bonus Jajanan Usai Vaksin di SD Percontohan Ada Yang Kadaluarsa

19 Januari 2022 - 23:01

Didukung Orang Tua, 142 Siswa MIN 2 Madina Sudah Vaksin

19 Januari 2022 - 20:14

Tarik Minat Siswa Untuk Vaksin, Sekolah SD 081 Panyabungan Siapkan Jajanan

19 Januari 2022 - 20:12

Walikota Padangsidempuan Terima Kunjungan Kakandatel Beserta Rombongan

19 Januari 2022 - 18:45

Kapolres Padangsidimpuan Tinjau Pelaksaan Vaksinasi Usia 6 – 11 Tahun di SDN 200201/4 Ujungpadang

19 Januari 2022 - 15:59

Walikota Irsan Efendi NasutionTerima Audensi ISSI Kota Padang Sidempuan

19 Januari 2022 - 15:48

Trending di Berita Daerah