Berita Daerah

Mahasiswa dari MPR Minta Pemda Padang Lawas Kaji Ulang Izin PT.Sibuah Raya

Madinapos-Padang Lawas : Puluhan Mahasiswa mengatasnamakan dirinya Mahasiswa Peduli Rakyat atau MPR siang tadi gruduk Kantor Bupati Padang Lawas, dalam aksinya, Mahasiswa menuntut agar Pemerintah Daerah mengkaji ulang izin PT.Sibuah Raya dan serta proter terhadap Galian C yang diduga ilegal.

Aksi yang dikordinatori Hanafi Hasibuan dan Isron itu dikawal ketat aparat Kepolisian Dari Polres Padang Lawas yang dipimpin langsung Wakapolres Palas Kompol Jonny Wadr Sijabat SH di dampingi Kasat Bimmas Polres Palas. Iptu Rahmad Saleh Nainggolan, Kasi Propam Ipda Gulit Harahap SH serta Kanit Laka lantas Iptu Irmanto. Salain itu ada Polisi Pamong Peraja (Satpol-PP) dan Polsek Barumun.

Dalam orasinya, Kordinator aksi menyampaikan beberapa tuntutan yang dianggap melanggar hukum. Tuntutan itu diantaranya PT.Sibuah raya melakukan aktifitas galian C yang merusak lingkungan hidup, kemudian Melakukan aktifitas penebangan liar terhadap kayu untuk kepentingan perusahaan tampa legalitas.

Selain itu, pengunjuk rasa juga meminta Pemerintah Daerah melakukan ukur ulang lahan PT.Sibuah raya, karena di duga telah melebihi luas lahan perusahaan tersebut dari ijin Hak Guna Usaha (HGU) yang mereka pegang.

Mahasiwa dari MPR ini juga meminta agar Pemerintah  Mencabut izin perusahaan PT. Sibuah raya karena tidak patuh atas uu no.39 tahunn 2014, tentang Perkebunan pada pasal 58, 5.PT.Sibuah raya diduga tidak pernah merealisasikan tanggung jawab sosial kepada masyarakat di mena perusahaan tersebut berdomisili.

Satu jam Mahasiswa melakukan orasi di depan Kantor Bupati, namun tak satupun pejabat setempat menyahuti tuntutan pengunjuk rasa itu

Merasa kehadiran Pengunjuk rasa tidak di gubris Pemerintah Daerah, akhirnya para Mahasiswa dari MPR ini melanjutkan aksinya di Gedung DPRD Padang Lawas.

Tiba di gedung DPRD Padang Lawas, Mahasiswa dari MPR ini langsung disambut oleh Wakil Ketua DPRD Sahrun Hasibun, politisi dari Partai Amanat Nasional ini langsung menyuruh pengunjuk rasa ke ruang Paripurna DPRD.

Selain Wakil ketua DPRD Sahrun Hasibuan, mereka juga di sambut oleh Ketua DPRD Palas, Amran pikal siregar dan Wakil ketua I H.Irsan Bangun Harahap.

Didepan 3 Pimpinan DPRD Padang Lawas, Mahasiswa MPR ini menyampaikan 5 tuntutan yang sebelumnya di sampaikan pada Pemerintah Daerah.

Kepada Mahasiswa, Ketua DPRD Padang Lawas Amran Pikal Siregar berjanji  akan menindak lanjuti tuntutan Mahasiswa dan memerintahkan Anggota DPRD khususnya komisi B, yang membidangi masalah perkebunan dan kehutanan menindak lanjuti tuntutan mahasiswa.

Ketua DPRD Padang Lawas juga berjanji akan melakukan peninjauan lapangan atas tuntutan Mahasiswa

Reporter :A Salam Srg.

loading...

Komentar Facebook

Related Posts