Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Warga Menilai, Manaon Nasution Pahlawan Terlupakan Dari Desa Sinonoan


					Warga Menilai, Manaon Nasution Pahlawan Terlupakan Dari Desa Sinonoan Perbesar

Madinapos-Siabu: Manaon Nasution lahir di desa pintu Padang jae 1927 gugur di Aceh 1955 kontak senjata dengan pembrontak, beliau di makamkan di desa sinonoan Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Dari berbagai sumber yang di kutip Madinapos, Beliau adalah anak dari Sutan Badulloh yang juga pejuang kemerdekan pada saat pertempuaran benteng huraba.

Perjuangan Sutan Badulloh dimasa pertempuran benteng huraba tahun 1949 tepatnya tanggal 5 mei yang di pimpin Alam Komisaris Maskadiran, pada masa itu 27 pejuang gugur 16 dari angkatan darat dan 11 polisi.

Sebelum pertempuran meletus, sesuai sejarahnya, masyarakat Tapanuli Selatan pada masa itu dihimbau untuk membantu perjuangan segala bentuk, dana tenaga dan lainnya.

Disejarahkan, Peran Sutan Bulloh sangat besar dalam hal mengumpulkan dana untuk biaya perjuangan, beliau berjalan dari desa ke desa di Kecamatan Siabu menjumpai kepala desa dan tokoh tokoh untuk bergerak membantu perjuangan sekaligus mengumpulkan dana untuk logistik pejuang.

Sejarah ini diperkuat dengan keterangan Fatima sari (69) warga Desa Sinonoan yang merupakan keponakan dari almarhum Manaon Nasution.

Fatimah mengisahkan, bahwa tulangnya Manaon Nasution meninggal di Aceh kontak senjata dengan pemberontak pada masa itu Fatimah masih usia belia. Fatimah mrngingat ada 20 iring iringan mobil angkatan darat ikut mengantar jenazah beliau saat wafat.

Menanggapi kurangnya perhatian Pemerintah terhadap makam yang di anggap masyarakat Pahlawan dari Desa mereka, Paisal Nasution ketua BPD terpilih Desa Sinonoan merasa prihatin atas kondisi makam pahlawan kemerdekaan tersebut,

” sama sekali tidak ada kepedulian pemerintah terhadap makam ini, sangat miris makam tak terurus,diselimuti semak belukar” papar Paisal

Mewakili masyarakat, Paisal Nasution berharap penuh agar Pemerintah memperhatikan kondiai makam tersebut sebagaimana ucapan presiden pertama bangsa besar ialah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Reporter : Adanan Saleh Batubara

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 186 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Masyarakat Sambut Pj. Bupati Palas Ardan Noor Hasibuan

21 Juni 2024 - 23:10

Kedatangan Pj. Walikota H. Timur Tumanggor Disambut Dengan Acara Adat Angkola

21 Juni 2024 - 23:01

KPU Palas Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih, Penyusunan data Pemilih Dan Sidalih

21 Juni 2024 - 16:35

KPU Madina Gelar Bimtek PPS se-Kecamatan Natal

21 Juni 2024 - 10:52

Pawai Taaruf MTQ Ke-39 Tingkat Provsu di Tapanuli Selatan

20 Juni 2024 - 22:51

Tim Monitoring Iva Test Pemprov Sumut Kunjungi Sinunukan

20 Juni 2024 - 17:21

Trending di Berita Daerah