Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Ada Seminar Margondang Disponsori Disdikbud Palas Dan BPA


					Ada Seminar Margondang Disponsori Disdikbud Palas Dan BPA Perbesar

Madinapos-Padang Lawas : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DISDIKBUD) Kabupaten Padang Lawas (PALAS) bekerja sama dengan Badan Pemangku Adat (BPA) membuka Seminar Adat Margondang Kabupaten Padang Lawas Tahun 2021 bertempat di SMK I Lubuk Barumun, senin 25/10-2021 pagi.Seminar mengangkat tema, Warisi Budaya Leluhur kita dengan melestarikan Ritual Adat Margondang sebagai Perekat Persatuan Bangsa,

Hadir dalam pembukaan seminat adat margondang tersebut adalah, Wakil Bupati Palas drg.Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht.MM.Msi.di dampingi Staf ahli Bupati dan para asisten, Kadis Dikbud Palas dan rombongan lainya

Peserta seminar terdiri dari Raja Raja Luat yang ada di Padang Lawas,Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Pelajar, OKP dan Ormas.dan lain lain. Adapun Narasumber kegiatan diantaranya adalah Ketua BPA Sutan Parlindungan Hasibuan, Raja Suling, Parlagutan Lubis, Raja Sahnan Hasibuan dan Hasan Basri Harahap (Pimpinan Haba Haba Group Mardomu Bulung), kata Nurazizah.

Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi mengatakan dalam pembukaan, bahwa bagai sebagai Orang Batak Mandailing Angkola, Adat dan Budaya margondang adalah bagian dari budaya nenek monyang kita, maka harus yerus kita pertahankan dan lestarikan. Pada dasarnya budaya margondamg adalah yang paling dikenang oleh masyarakat kita sebagai bagian dari tradisi unggulan di daerah kita ini’, kata Zarnawi.

Dalam Keluarga orang batak, jelas Wakil Bupati, Pernikahan mempunyai tiga kategori yang dianggap sah, yaitu secara Agama, diakui secara Catatan Sipil atau diakui secara Adat.

“Oleh karena itu Budaya dan Adat memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari orang Batak, dan Mudah Mudahan Kabupaten Padang Lawas bisa menjadi “Tano adat Digomgom Ibadat” ujar Zarnawi.

Ketua BPA Sutan Parlindungan Hasibuan melalui Panitia Seminar Hj.Nurazizah Nasution M.MPd (Sanggar Amirah Sibuhuan) didampingi Ketua PGRI Bidarlis, Nur Ibrahim Rangkuti ST mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk menggali dan melestarikan adat dan budaya batak Mandailing Angkola di nagara persada nusantara Indonesia raya ini.

Reporter : A Salam srg.

.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Atika Azmi Wakili Indonesia di Forum Internasional Economic Development and The Environment For ASEAN Municipal Leaders

18 April 2024 - 22:08

Jalin Silaturahim Pasca Lebaran, Pemerintah Kecamatan Bukit Malintang Gelar Halal Bi Halal

18 April 2024 - 18:56

Camat Siabu Hadiri Penyerahan BLT – DD T.A 2024 Kepada 46 KPM di Desa Lumban Pinasa

18 April 2024 - 17:56

Usai Cuti Lebaran, Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

18 April 2024 - 10:08

Forkompimcam Batahan Rakor Terkait Pengendalian Hewan Ternak

18 April 2024 - 10:02

Lawatan Ke USA, Wabup Madina Akan Kenalkan Kopi Mandailing Dan Gula Semut

18 April 2024 - 09:16

Trending di Berita Daerah