Berita Daerah

Bupati : PKK Harus Berperan Aktif Dalam Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Tapsel

Madinapos.com – Tapsel.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, mengatakan dalam menyejahterakan masyarakat perlu tujuan yang jelas, terukur, bisa dilaksanakan serta ada tenggat waktu yang ditetapkan. Tugas demi tugas dilaksanakan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, yakni sumber daya manusia dan sumber daya alam dengan baik.

“Secara alamiahnya di Tapanuli Selatan, alam menyediakan potensi kekayaan yang luar biasa. Masyarakat yang mayoritas bertani, perlu adanya dorongan apa yang telah dilaksanakan masyarakat untuk menjadi lebih baik lagi sehingga terwujud kesejahteraan di tengah masyarakat,” ujarnya di acara penutupan Road Show TP PKK Kabupaten Tapsel di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Selasa (7/9).

“Dalam hal ini”, kata Bupati, “TP PKK kita dorong untuk mengambil peran lebih aktif dalam memberi arahan dan bimbingan ke masyarakat agar lebih sejahtera. Sebelum penutupan Road Show, sebutnya, TP PKK Kabupaten telah mengunjungi seluruh kecamatan yang ada di Tapsel dan kali ini Kecamatan Arse dan Sipirok menjadi pamungkas.

Bupati berharap, Road Show/kunjungan itu dapat menjadi masukan dan pengalaman baru bagi TP PKK dalam merumuskan kegiatan di desa, kecamatan, maupun kabupaten. Ke depan, TP PKK harus memberi sumbangsih ide ataupun saran, bagaimana keluarga di desa bisa dibina.

Pada Road Show sebelumnya juga, TP PKK pasti banyak melihat berbagai persoalan yang terjadi di desa se-Tapsel. Bupati berharap sebagai mitra kerja pemerintah, TP PKK bisa mewarnai pembangunan di Tapsel, sehingga visi misi Tapanuli Selatan yang maju berbasis Sumber Daya Manusia Pembangun Tapsel dapat lebih sehat, cerdas, dan sejahtera serta Sumber Daya Alam yang Produktif dan Lestari, dapat tercapai dengan baik.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat desa ke depannya bisa semakin berbenah untuk kemajuan kampungnya masing-masing,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu menjelaskan, PKK merupakan gerakan nasional yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari dan untuk masyarakat dengan harapan dapat mewujudkan keluarga beriman maupun bertakwa kepada Allah SWT. Sebagaimana diketahui, lanjutnya, program TP PKK ada yang berhasil dan ada yang tidak.

Meski program yang telah dijalankan tidak sesuai rencana, kiranya TP PKK harus menjadikan itu sebagai bahan evaluasi, agar ke depan programnya dapat meraih keberhasilan. Selain itu, di tubuh TP PKK juga perlu adanya peningkatan kualitas dan peran serta kepedulian masyarakat dari para kader.

Salah satu caranya yakni dengan kerjasama yang baik antar PKK kabupaten hingga ke desa. Gunanya, agar masyarakat dapat merasakan kehadiran PKK di tengah-tengah lingkungan masing-masing. Dia juga berharap agar seluruh pengurus PKK bisa berperan aktif, bekerja dengan fokus, tulus, dan lurus dengan mempertajam program-program prioritasnya.

“Disamping itu, saya minta agar PKK bisa mengembangkan program yang inovatif serta turut serta dalam mengatasi isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat,” tuturnya.

Sedangkan Camat Sipirok, Sardin Hasibuan mengatakan, setelah berkunjung ke beberapa kecamatan lain, dirinya telah melihat bagaimana perkembangan dan persoalan masyarakat di desa. Dia berharap, dengan melihat berbagai perkembangan dan persoalan di masyarakat, ke depan bisa memberikan masukan bagaimana pembangunan masyarakat kedepan bisa lebih baik.

Turut hadir, Kadis PMD Tapsel Muhammad Yusuf, Kadis PP & PA Tapsel Tiorisma Damayanti, Camat Arse Sahruddin Perwira, mewakili Kadis Kesehatan dan Sosial, Ketua TP. PKK Kecamatan se-Tapsel, Ketua TP. PKK Desa se-Kecamatan Sipirok dan Arse. (Sayuti)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts