Berita Daerah

Bupati Menduga Ada Oknum Yang Bermain di Aplikasi Data Covid-19 Madina

Madinapos-Panyabungan : Bupati Mandailing Natal (Madina) H.M. Jakfar Sukhairi telah layangkan surat klarifikasi data Covid-19 Madina ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan status level IV nya Kabupaten Mandailing Natal.

“Kita telah melayangkan surat klarifikasi ke Kemendagri bahwa itu merupakan kekeliruan data/salah input data, berbeda dari keadaan yang sebenarnya kasus Covid-19 kita hinga saat ini telah menurun” kata Sukhairi yang juga ketua gugus tugas Madina

Sukhairi juga meminta pada TNI/Polri untuk segera mengusut tuntas kenapa data tersebut bisa terjadi

“Saya minta agar pihak TNI/Polri mengusut tuntas masalah data ini apa motif dan tujuannya hingga bisa mengakibatkan Kabupaten Madina naik ke level IV” tegas nya

Kadis kesehatan dr.Saripuddin Nasution dalam keterangan nya menyebutkan bahwa hal ini masalah kesalahan data.

“Ini murni masalah kesalahan data dari yang membidangi di Dinas kesehatan Madina, Kemenkes mempunyai aplikasi data Covid-19, hanya dia/kabidnya yang bisa masuk ke aplikasi tersebut” katanya

Lebih lanjut kadis kesehatan mengatakan saat ini kepolisian telah menyelidiki hal tersebut

“Kita serahkan sepenuhnya pada pihak yang berwajib, Saat ini pihak kepolisian dari polres Madina telah datang ke kantor dinas kesehatan untuk menyelidiki nya”ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Mandailing Natal AKBP. Horas Tua Silalahi pada wartawan mengatakan akan melakukan penyelidikan terkait simpang siur data Covid-19 yang dikelola di Dinas Kesehatan Mandailing Natal.

“Kita akan melakukan investasi mengenai masalah data ini sampai tuntas, agar  Madina kembali ke level yang sebenarnya” kata  AKBP Horas Tua Silalahi Kapolres Madina.

Seperti diketahui, Grafik kasus covid-19 Kabupaten Mandailing Natal sendiri terlihat konfirmasi kumulatif berjumlah 540 kasus, sembuh dari konfirmasi berjumlah 482 orang, meninggal dunia 43 orang dan konfirmasi positif aktif saat ini hanya 15 orang saja. Upadte ini tertanggal 06 September 2021.

Penetapan Kabupaten Mandailing Natal masuk dalam level 4 PPKM tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 tanggal 6 Sepetember 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Corona Virus Desease 2019 di Sumatera Utara, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua. Salinannya ditandatangani Kepala Biro Hukum Kemendagri, R. Gani Muhammad,SH.

Untuk Sumatera Utara  sendiri terdapat tiga daerah yang ditetapkan level 4, yakni Kota Medan, Kota Sibolga dan Kabupaten Mandailing Natal.

Reporter : Suaib

loading...

Komentar Facebook

Related Posts