Berita Daerah

Kaum Muda Mudi 17 Desa Di Kecamatan Sosa Demo ke PTPN IV

Madinapos-Padang Lawas : Demo ke PTVN IV, senin 30/08,  Puluhan orang mengatas namakan Naposo Nauli Bulung  ( NNB ) 17 Desa di Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas menuntut PTVN IV Apdeling III agar memprioritaskan putra daerah dalam kemitraan, kemudian perusahaan  melaksanakan tanggung jawab CSR nya ke masyarakat sekitar perkebunan dan jalan desa yang dilintasi perusahaan tidak boleh di tutup karena merupakan akses jalan ke 17 Desa sekitar perusahaan.

Pantauan Madinapos, Aksi kaum muda mudi inipun mendapat pengawalan dari aparat Kepolisian Padang Lawas. untuk mengantisipasi adanya kerumunan karena masa Pandemi.Covid -19, Kasat Sabhara dan Kasat Intel melakukan negosiasi dengan kordinator aksi yang diketahui bernama Freddy Mandra Saputra.

Pihak kepolisian sendiri tampak menawarkan opsi agar pengunjuk rasa dan pihak perusahaan melaksanakan pertemuan membahas tuntutan pengunjuk rasa.

Opsi itupun duterima pengunjuk rasa, sejumlah perwakilan pengunjuk rasa yaknin Muhammad Isron Hasibuan selaku penanggung jawab, Freddy Nanda Syaputra koordinator aksi dan  Marahalim dly, Mhd Risman hsb, Syahrin Soleh Harahap  serta  Kepala desa Gunung baringin Marataon diterima pihak perusahaan untuk berdialog  bertempat di Kantor PTPN IV Avd III yang hadiri terima oleh Asisten kepala rayon A. Abdeling III. Handi Purba, dan  Jaka Lumban Raja selaku personalia serta asisten afdeling III Deri Barus.

Kapolres Padang Lawas AKBP. Indra Yanitra Irawan melalui Kasat Sabhara AKP.M.Yusni Yusuf SH mengatakan, Dalam mediasi tersebut tertuang suatu hasil kesepakatan tuntutan kaum muda mudi  dari 17 desa kepada pihak PTP N IV di antaranya Tenaga Kerja diperbolehkan siapa saja yang mau bekerja dengan mengikuti sestem kerja PTPN IV.

Kemudian kata Kasat, pertemuan itu juga memutuskan Masalah mitra kerja atau Jasa angkutan harus berdasarkan sistem lelang yang berlaku di PTPN Kantor Pusat. Selain itu masalah jalan yang tembus ke danau gayambang yang sudah terlanjur dibuat parit gajah agar ditinjau ulang.

Kasat Sabhara mengaku, selain darinoihak perusahaan dan Naposo Nauki Bulung atau NNB, pertemuan itu juga dihadiri Kasat Intelkam AKP. Abdul Bahri, Kasubnag Bin Ops. AKP. Guntoro, SH dan dari personil Polsek Sosa langsung di pimpin oleh Kapolsek Guntur Mangasi Tua Siagian.

Usai menemui kata sepakat dalam petemuan itu, para pengunjuk rasa pun kata Kasat Shabara Polres Palas, membubarkan diri dengan tertip.

Reporter : A.Salam Sgr.

loading...

Komentar Facebook

Related Posts