Berita Daerah

Bumdes Sumber Makmur Desa Trans Sosa V Terpilih Jadi Wakil Kabupaten Palas di Lomba Bumdes Provinsi Sumut

Madinapos-Padang Lawas: Team penilai BUMDes dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(PMD) Provinsi Sumut bersama Dinas PMD Kabupaten Padang lawas (Palas) kunjungi Kecamatan Hutaraja Tinggi. pertemuan dalam rangka persiapan lomba BumDes Tingkat Provinsi Sumut, berlangsung di Aula Kantor Kecamatan setempat.

Salah satu utusan Kabupaten Padanglawas (Palas) yang terpilih akan mengikuti lomba BumDes Tingkat Provinsi Sumut yaitu badan usaha milik desa(Bumdes) “Sumber Makmur” dari Desa Pir Trans Sosa V, Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Pendamping Desa Kabupaten Padanglawas, Gontar Harahap didampingi Tamam Harahap mengatakan kunjungan team PMD Provinsi Sumut ke Palas dalam rangka persiapan lomba Badan Usaha Milik Desa(BumDes). lomba BUMDes bertujuan untuk meningkatkan semangat, kreativitas, juga untuk mendorong pengembangan ekonomi desa.’katanya.

Dihadapan Dinas PMD Provinsi Sumut, Taman menjelaskan dengan adanya lomba BUMDes ini akan bisa meningkatkan kreativitas dan semangat dalam pengelola potensi desa melalui perlombaan ini, akan muncul wahana baru untuk pengelolaan potensi desa sehingga mendongkrak pendapatan sektor BUMDes’,sebut Tamam.

Selain itu katanya, ajang perlombaan BUMDes akan memacu penggelolaan potensi desa untuk menjadi suatu usaha yang dikelola pemerintah desa akan terus bersaing dan berkembang. Potensi desa jika dimanfaatkan dan dikelola dengan baik akan menjadi aset desa maka akan meningkatkan perkembangan kemajuan ekonomi desa yang terus berkembang,ujarnya, Kamis(26/8/2021).

Ia menambahkan, BUMDes Trans Pir Sosa V, Kecamatan Hutaraja Tinggi, salah satu utusan daerah sehingga portofolio BUMDes yang layak ikut lomba akan kita kirimkan portofolio ke pihak Provinsi Sumut. Portofolio BUMDes tersebut nantinya akan dinilai dan selanjutnya dilakukan verifikasi faktual terhadap portofilio tersebut,”tambahnya.

Camat Huta raja tinggi, Sudaryono,S.Sos. terkait terpilihnya BUMDes Sumber makmur Desa Pir trans Sosa V mengatakan, sebagai pihak kecamatan Huta raja tinggi ini merasa bersukur atas terpilihnya Salah satu BUMDes dari kecamatan ini sebagai utusan kabupaten Palas. untuk mengikuti portofolio ke pihak provinsi Sumut.’katanya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Pir Trans Sosa V,Suparno mengatakan terpilihnya BUMDes “Sumber Makmur” utusan Kabupaten Palas merupakan suatu kebanggaan pemerintah desa dan warga.

Suparno menjelaskan bahwa BUMDes “Sumber Makmur” didirikan sejak Januari 2017 lalu bergerak bidang usaha perkebunan kelapa sawit dan simpan pinjam usaha mikro, pengadaan jasa transportasi TBS, Jasa angkutan material bangunan. BUMDes ini salah satu unit usaha meminjamkan modal untuk usaha mikro dengan sistim kredit pemgembalian,”terangnya.

Untuk diketahui, tambah dia (Kades-red), pengurus Bumdes “Sumber Makmur” susunan kepengurusannya Managernya Sutriono,Sekretaris,Fitriani SE
dan Bendahara, Dian SE, Kepala Unit Usaha,Esron Butar -Butar serta Pengawasnya, Suhendra, Bahrum Siregar dan Andri.’tutup kades.

Reporter :  A Salam srg.

Keterangan Photo : Team Dinas PMD Provinsi Sumut dan Kabupaten Palas dan Pemerintah Kecamatan,PLD dan PD Kecamatan Hutaraja Tinggi serta Kepala Desa Pir Trans Sosa V hadiri pertemuan persiapan lomba BUMDes tingkat Provinsi Sumut di Aula Kantor Kecamatan.

loading...

Komentar Facebook

Related Posts