Peristiwa

Dua Desa di Kecamatan Natal Dapat Banjir Kiriman

Madinapos-Natal : Pagi ini 19/08 terpantau banjir juga menggenangi puluhan rumah penduduk di Desa Bonda Kase, Kecamatam Natal, Kabupaten Mandailing Natal. meluapnya sungai batang natal yang melintasi desa tersebut membuat air meluber ke pemukiman.

Koresponden Madinapos Ashray Rangkuti melaporkan, ketinggian air yang menggenangi rumah warga berpariasi mulai dari tinggi lutut sampai pinggang orang dewasa. air juga menggenangi jalan desa tersebut. ada sekitar 250 Kepala Keluarga di Desa itu, sebagian warga yang rumahnya terendam banjir sudah mengungsi ke tempat saudara yang rumahnya tidak terdampak banjir.

Banjir yang merendam Desa Bonda Kase ini diduga banjir kiriman dari Kecamatan batang natal karena aliran sungai batang natal tersebut melintasi desa bonda kase.

Selain Desa Boda Kase, dilaporkan,  Banjir kiriman juga juga terjadi di Desa Patiluban hilir. banjir di desa ini juga akibat luapan sungai batang natal yang melintasi desa itu.

Banjir di desa Patiluban Hilir ini tidak sampai masuk ke rumah penduduk karena rata rata rumah di desa itu rumah panggung, namun jalan antar Kecamatan terputus karena air menggenangi badang jalan se paha orang dewasa.

Katika hujan lebat dan debit sungai batang natal meningkat, ke dua desa ini juga menjadi langganan banjir. diduga sungai batang natal yang melintasi ke dua desa tidak mampu menampung debit air hujan, kondisi ini diperparah mendangkalnya aliran sungai.

Warga korban banjir berharap, Pemerintah Daerah melakukan pengerukan aliran sungai sehingga musim penghujan seperti sekarang ini tidak membuat rumah penduduk kebanjiran akibat luapan sungai.

Reporter : Azhari Rangkuti

Keterangan Photo : Jalan antar Kecamatan di Desa Patiluban terendam banjir luapan sungai batang natal.( Ashray Rangkuti ) 

 

 

loading...

Komentar Facebook

Related Posts