Berita Daerah

Sejumlah Desa di Madina Kebanjiran, Bupati Himbau Warga Waspada Banjir dan Longsor

Madinapos-Panyabungan : Tingginya intensitas hujan seminggu terakhir ini membuat sejumlah daerah di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara kebanjiran, selain banjir, longsor juga mengancam sejumlah jalan. Bupati Mandailing Natal H.M.Jakfar Suheri Nasution menghimbau agar warga lebih berhati hati.

Mandailing Natal adalah salah satu daerah yang rawan banjir dan longsor ketika musim penghujan seperti sekarang, kata Bupati, bagi warga yang bermukim di daerah bantaran sungai agar lebih berhati hati karena debit air sungai pasti meningkat akibat hujan yang terus mengguyur wilayah ini. selain itu, pengguna jalan juga harus extra hati hati karena ada beberapa titik jalan yang rawan longsor seperti di wilayah Batang Natal, Panyabungan Selatan dan Muara Sipongi serta Pakantan.

” Jalan di daerah itu rawan longsor karena rata rata didominasi tebing di pinggir jalan, ketika hujan seperti sekarang, tanah akan labil dan mudah longsor sehingga bisa menimbun badan jalan apabila longsor ” terang Bupati.H.M.Jakfar Suheri Nasution.

Bupati juga mengaku telah mendapat informasi naiknya debit sungai batang natal dan sudah memerintahkan Badan Penanggulangan  Bencana Daerah ( BPBD ) untuk terus memantau kondisi air, apabila mengkhawatirkan, BPBD segera melakukan tindakan dengan mengepakuasi warga khusus nya mereka yang bermukim di pinggiran sungai batang natal.

Informasi yang didapat Madinapos sendiri, sore jelang magrib tadi, debit sungai batang natal memang meningkat, kondisi ini terjadi akibat hujan yang mengguyur wilayah Mandailing Natal bahkan malam ini, informasi yang di dapat di Desa Perbatasan, Kecamatan Lingga bayu, jalanan sudah dipenuhi air selutut orang dewasa sehingga kendaraan yang melintas harus extra hati hati, selain itu di daerah Siulang aling tepatnya di Desa Lubuk Kapundung, air sudah mulai masuk ke pemukiman penduduk.

Dari data prakiraan cuaca yang dikutip Madinapos sendiri, wilayah Mandailing Natal termasuk salah satu wilayah yang masih berpotensi di guyur hujan sedang dan lebat. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini agar waspada petir disertai hujan di wilayah Pantai Barat.( Tim ) 

Keterangan Photo : Jalan raya di Desa Perbatasan, Kecamatan Lingga Bayu tergenang air setinggi lutut orang dewasa .( sakti Lubis )

 

 

 

loading...

Komentar Facebook

Related Posts