Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

DPRD Padangsidimpuan Gelar Paripurna Mendengar Pidato Kenegaraan HUT- RI Ke- 76


					DPRD Padangsidimpuan Gelar Paripurna Mendengar Pidato Kenegaraan HUT- RI Ke- 76 Perbesar

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Padangsidimpuan menggelar Rapat Paripurna dengan Agenda mendengar Pidato
Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tahun 2021, Senin (16/8/2021).

Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan
Siwan Siswanto, SH, menyampaikan Rapat Paripurna tersebut untuk mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Ketua MPR RI, dan Ketua DPD RI terkait program yang telah, yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan penerapannya di Daerah.

Dalam Pidatonya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan dana sebesar Rp255,3 triliun untuk anggaran kesehatan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022. Angka tersebut setara dengan 9,4 persen dari total alokasi belanja negara dalam RAPBN 2022, yakni Rp2.708,7 triliun.

“Anggaran kesehatan direncanakan sebesar Rp255,3 triliun atau 9,4 persen dari belanja negara,” ujarnya dalam Pidato Pengantar RUU APBN Tahun Anggaran 2022 Beserta Nota Keuangannya, Senin (14/8/2021).

Kepala negara menyatakan anggaran tersebut akan diarahkan untuk melanjutkan penanganan pandemi, reformasi sistem kesehatan, percepatan penurunan stunting, serta kesinambungan program JKN.

Khusus untuk penanganan pandemi covid-19, dana tersebut akan difokuskan untuk mengantisipasi risiko dampak pandemi. Meliputi, testing, tracing, dan treatment, program vaksinasi covid-19, serta penguatan sosialisasi dan pengawasan protokol kesehatan.

“Kita harus mampu membangun produksi vaksin sendiri dan mendorong berkembangnya industri farmasi yang kuat dan kompetitif,” jelasnya.

Di luar penanganan pandemi, belanja kesehatan akan digunakan untuk membenahi fasilitas layanan kesehatan dari hulu hingga hilir serta dari pusat hingga daerah.

Selain itu, pemerintah akan membenahi transformasi layanan primer, layanan rujukan, peningkatan ketahanan kesehatan, peningkatan kualitas dan redistribusi tenaga kesehatan, serta pengembangan teknologi informasi dalam layanan kesehatan.

Saat berpidato, Jokowi pun mengapresiasi rencana MPR yang hendak mengkaji subtansi PPHN dalam amendemen UUD 1945 sebagai langkah pembangunan Indonesia secara berkelanjutan.

“Agenda MPR untuk mengkaji substansi dan bentuk hukum Pokok-pokok Haluan Negara juga perlu diapresiasi untuk melandasi pembangunan Indonesia yang berkelanjutan lintas kepemimpinan,” kata Jokowi.

Dalam rapat parnipurna mendengar pidato kenegaraan HUT RI Ke-76 di Gedung DPRD Kota Padangsidimpuan hadir Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini, Mewakili Dandim 0212/TS, Mewakili Danyon 123/RW, Mewakili Kejari Padangsidimpuan, Mewakili Kemenag, Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli, Sekretaris Dewan, dan Pimpinan OPD lainnya. (*/Andy Hsb)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kapolres Madina Pimpin Press Release Ungkap Kasus Narkoba Selama Maret 2024

27 Maret 2024 - 23:53

Ditinggal Takjiah, Rumah Rizki Daulay di Desa Paranbatu Terbakar

27 Maret 2024 - 04:33

Polres Palas Gelar Konprensi Pers Pengungkapan Kasus Narkoba Selama Bulan Maret 2024

26 Maret 2024 - 21:38

Otoritas Bandara Jenderal AH Nasution Pastikan Belum Ada Pembukaan Lowongan Kerja

26 Maret 2024 - 21:22

Dinas PUPR Madina Teken MoU Dengan Kejaksaan Negeri Terkait Pengawasan Kegiatan Tahun 2024

26 Maret 2024 - 12:16

Hadiri Pertemuan Bahas Sengketa Lahan Vs PT. TPL, Wabup Tapsel : Bertahap Tanpa Menzolimi

26 Maret 2024 - 08:39

Trending di Berita Daerah