Pendidikan

Tampak Keropos dan Tak Layak , Bangunan SD 346 Kampung Kapas Batahan Butuh Perhatian

Madinapos-Batahan : Bangunan Sekolah Dasar Negeri ( SDN )  346 Kampung Kapas, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal kondisinya mempetihatinkan, ruang belajar yang terbuat dari papan itu sudah mulai kropos, tiang bangunan yang terbuat dari kayu sebagian sudah ada yang patah termakan usia, bahkan ruang belajar tidak lagi berflapon, dinding bangunan dimakan rayap. kondisi ini bisa membahayakan keselamatan jiwa siswa dan tenaga pengajar.

Dari 5 ruang kelas SDN 346 Kampung Kapas Batahan ini kondisinya sama, para siswa terpaksa belajar dengan perasaan gelisah, apalagi disaat musim hujan tiba disertai angin kencang.

Kepala SDN 346 Kampung Kapas Darmin Spd pada Madinapos Senin 16/08  meceritakan, Bangunan Sekolah itu didirikan tahun 1983, baru tahun 2007 silam pernah dilakukan rehap ringan.

” sudah pernah kita usulkan bangunan permanen ke Pemerintah Daerah, namun sampai saat ini belum ada realisasi nya ” papar Darmin.

Dari 70 siswa yang ada, kata Darmin, dibagi menjadi 6 rombel, sehingga masih ada kekurangan satu ruangan belajar.

Diakui Kepala Sekolah, dari 5 Ruang Belajar, 4 diantaranya sangat memperihatinkan, bahkan bisa dikategorikan rusak berat karena kondisi tiang, plafon dan dinding yang terbuat dari kayu sudah termakan usia.

Darmin berharap, Dinas Pendidikan Mandailing Natal mengambil langkah cepat untuk memperbaiki sekolah tersebut sebelum memakan korban jiwa.

Seperti diketahui, Sekolah ini metupakan sekolah berpreatasi, untuk tingkat Kecamatan, para siswa siswi nya kerap meraih penghargaan seperti lomba MIPA dan cerdas cermat, namun prestasi para siswa Sekolah Dasar itu tidak seindah kondisi tempat mereka menimba ilmu yang bangunan nya sudah keropos.

|Reporter : Han/red

Keterangan Photo : Kindisi Sekolah Dasar Negeri 346 Kamoung Kapas, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal.( Darmin Kasek SD 346 Kampung Kapas )

loading...

Komentar Facebook

Related Posts