Menu

Mode Gelap

Wisata

Temuan Gua Sopo Ijuk Di Desa Sirangkap Menambah Destinasi Wisata Madina


					Temuan Gua Sopo Ijuk Di Desa Sirangkap Menambah Destinasi Wisata Madina Perbesar

Madinapos-Panyabungan : Dinas Parawisata Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara sepakat Gua Sopo Ijuk yang berdekatan dengan Air Terjun Sopo Ijuk di Desa Sirangkap, Kecamatan Panyabungan Timur disebut sebagai ” Hidden Paradise ” karena potensi wisata di Desa itu sangat eksotis. hal ini dikatakan Kepala Dinas Parawisata Mandailing Natal Ahmad Yasir Lubis SP pada Madinapos Selasa 10/08.

Dikatakannya, dari photo yang diambil tim jelajah alam ”  Jalan Yuk ” Mandailing Natal terlihat jelas sangat unik. yasir melihat bentuk stalakmit batuan terbentuk indah dan berwara warni sehingga menawarkan keunikan tersendiri.

Dijelaskan, keunikan dan keindahan panorama alam ini menjadi modal yg kuat untuk dikembangkan. ” Kami menyadari masih banyak PR yg harus diselesaikan untuk pengembangan potensi wisata ini antara lain perlunya infrastruktur jalan menuju lokasi dan sarana wisata pendukung kenyamanan pengunjung ” papar Kadis Parawisata Madina itu.

Untuk data base sendiri kata Ahmad Yasir Lubis, Dinasnya sudah masukkan data base air terjun sopo ijuk menjadi destinasi wisata dan sudah masuk dalam daftar inovasi desa, ditemukannya gua Sopo Ijuk ini tentu menambah database baru di Dinas Parawisata dan Desa Sirangkap sehingga menjadi paket wisata yang menjanjikan nantinya bagi para pengunjung.

Yasir juga mengakui, tim pertama yang masuk ke dalam Gua Sopo Ijuk adalah tim Penjelajah Alam ” Jalan Yuk “, Dinas ini berharap kerja sama yang baik dengan tim penjelajah alam ini yang kerap meng explor keindahan alam Mandailing Natal .

Seperti diketahui, Gua Sopo Ijuk ini terletak di Bukit Tor Sihite di Desa Sirangkap, Kecamatan Panyabungan Timur. Tim  Penjelajah Alam Jalan Yuk yang dikomandoi Raja Syah Alam Lubis dan Anto ini nekat masuk kedalam gua yang tak pernah disentuh tangan tersebut.

Pemandangan dalam Gua Sopo Ijuk itu pun diabadikan lewat photo, untuk masuk ke dalam gua, para penjelajah alam itu harus ektra hati hati, karena mulut gua sopo ijuk hanya muat untuk satu orang saja, namun setelah masuk ke dalam gua sopo ijuk, lokasinya sangat kuas dan kebar  dan pemandangan bebatuan yang berwarna warni akan memanjakan mata.

Dari pengakuan Raja Syah Alam dan Antok seperti dikutip Madinapos, mereka harus menelusuri pinggiran sungai sopo ijuk untuk sampai ke lokasi Air Terjun Sopo Ijuk. lokasi Gua Sopo Ijuk sendiri berdampingan dengan Air terjun. namun pada saat mereka temukan, kondisi mulut gua ditutupi jenggot kumut.

|Reporter : Han/ red

Keterangan Photo : Raja Syah Alam Lubis dan Anto saat berada dalam Gua Sopo Ijuk di Desa Sirangkap Mandailing Natal.( photo Tim Jalan Yuk )

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 325 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Lebaran H + 3, Objek Wisata Pantai Kahona Desa Rumbio Dipadati Pengunjung

12 April 2024 - 23:04

Kunjungi Batu Ruso, Kabag Ops Polres Madina Harapkan Kehadiran Petugas Ciptakan Rasa Aman Pengunjung

12 April 2024 - 15:39

Libur Lebaran 2024, Wisatawan Luar Daerah Dominasi Kunjungan di Pantai Batu Badaun

11 April 2024 - 23:01

Aman dan Kondusif, Polsek Mbg Pantau Kondisi Wisata Pantai di H + 2 Lebaran 2024

11 April 2024 - 22:46

Berkunjung di Rest Area TNBG Sopotinjak, Jika Beruntung Bisa Melihat Rusa Merumput

12 November 2023 - 17:41

Kemendes PDTT Teken Kerjasama Pengembangan Wisata Pastab Julu

19 Oktober 2023 - 15:01

Trending di Wisata