Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Tak Ada Bak Sampah, Warga Buang Sampah di Pinggir Jalan Raya Panyabungan


					Tak Ada Bak Sampah, Warga Buang Sampah di Pinggir Jalan Raya Panyabungan Perbesar

Madinapos-Panyabungan: 

Sampah, selalu menjadi pemandangan kala pagi hari di kota panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, ketiadaan bak sampah, membuat warga kota membuang sampah sembarangan, sasarannya selalu di pinggir jakan kota sehingga membuat wajah kita Panyabungan Sembraut dan kotor.

” mau buang sampah dimana lagi coba, bak sampah tak ada, terpaksa dibuang di pinggir jalan, karena mobil pengangkut sampah hanya sampai dipinggir jalan kota saja, tidak masuk gang” keluh seorang warga yang disapa Madinapos Kamis pagi 15/07  saat buang sampah sekitar 50 Meter dari Kantor Kejaksaan Negeri Panyabungan atau tepat di depan Kantor PWI , dijalan Willem Iskandar .

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mandailing Natal, Kasmsir Nasution yang dikonfirmasi lewat tlephon Selular mengakui,  dari 9 unit armada pengangkut sampah di Kabupaten ini, hanya 7 yang beroperasi, 2 unit diantaranya sudah termakan usia alias rusak.

” hanya 4 yunit truk sampah yang beroperasi di Kota Panyabungan, selebihnya ada di Kecamatan Natal, Kota Nopan dan Kecamatan Siabu,  terkadang armada yang di Kecamatan siabu membantu armada untuk Kota Panyabungan agar sampah di wilayah kita bisa terangkut keseluruhan ” papar Kasmir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini mengakui, tiap tahun mengajukan pengalokasian anggaran penambahan armada truk sampah dan bak sampah ke DPRD, namun tak kunjung terrealisasi. tahun ini harusnya anggaran pembelian satu buah armada truk sampah sudah ditampung di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD, namun karena adanya refokusing anggaran pasca Covid-19, akhirnya pembelian armada sampah kembali tertunda akibat anggarannya dipotong.

Persoalan sampah di Kota Panyabungan sudah bertahun tahun jadi masalah, sebelum adanya pandemi Covid-19, persoalan sampah juga sudah mencuat di masyarakat, bahkan batalnya Kabupaten Mandailing Natal mendapat piala Adipura, salah satunya masalah nya adalah sampah yang tak kunjung terurus.

Reporter : Red/M2

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 90 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Sidang Paripurna Dalam Rangka HUT Ke – 76 Provinsi Sumut

19 April 2024 - 09:09

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Lakukan Kunjungan Ke Beberapa OPD

19 April 2024 - 08:37

Atika Azmi Wakili Indonesia di Forum Internasional Economic Development and The Environment For ASEAN Municipal Leaders

18 April 2024 - 22:08

Jalin Silaturahim Pasca Lebaran, Pemerintah Kecamatan Bukit Malintang Gelar Halal Bi Halal

18 April 2024 - 18:56

Camat Siabu Hadiri Penyerahan BLT – DD T.A 2024 Kepada 46 KPM di Desa Lumban Pinasa

18 April 2024 - 17:56

Usai Cuti Lebaran, Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

18 April 2024 - 10:08

Trending di Berita Daerah