Berita Daerah

DBD Serang Dua Warga Pagaran Jalu – Jalu

Madinapos.com Padang Lawas.

Dua warga Desa Pagaran Jalu- Jalu, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padanglawas(Palas) terkena serangan Demam Berdarah Dengue (DBD). Dinas Kesehatan Kabupaten Padanglawas pun melaksanakan fogging di wilayah desa tersebut.

Setiap memasuki musim penghujan, kasus DBD di wilayah ini selalu ada, namun sejauh ini belum ada korban jiwa.

Indra Gunawan Nasution Kepala Desa Pagaran Jalu Jalu, Kecamatan Lubuk Barumun pada Madinapos Sabtu 03/07 mengatakan, kedua warganya yang diserang DBD telah ditangani pihak Rumah Sakit . selain itu pihak Puskesmas telah menurunkan tim untuk penyemptotan atau  fogging dilingkungan Pagaran Jalu Jalu dan bahkan sampai ke Desa Tetangga.

Kedua orang warga yang terkena DBD atas nama Ajizah Hasibuan(42) saat ini masih di rawatan di RSUD Sibuhuan dan Akilah Armelia(11) sendiri sudah dipulangkan dari RSUD karena sudah mulai pulih.

Sementara itu, Kepala bidang Pengendalian Pemberantasan Penyakit(P2P) Dinas Kesehatan Palas, dr. Ilham Syuhri Siregar yang dikonfirmasi menjelaskan, kasus DBD muncul disebabkan pola hidup masyarakat yang belum mengerti tentang kebersihan lingkungan, khususnya tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti di lingkungan pemukiman penduduk setempat.

Pengaruh lainnya kata dr. Ilham yakni banyaknya barang bekas di mana mudahnya air menggenang sehingga menjadi tempat berkembang biak jentik jentik nyamuk aedes aegypti.( A. Salam Srg.)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts