Berita Daerah

Bupati Tapsel : Kanker Tak Mengenal Usia Dapat Menyerang Siapa Saja

Madinapos.com – Tapsel.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu SPt MM mengatakan, kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Menurut para pakar kesehatan, kanker merupakan penyakit dengan urutan nomor dua yang paling mematikan setelah jantung.

Hal itu dikatakan Dolly pada saat menghadiri pelantikan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Tapanuli Selatan periode 2021-2025 yang dilantik oleh Ketua YKI Sumatera Utara Ny Nawal Edy Rahmayadi secara virtual di Aula Beringin, eks. Kantor Bupati Tapsel, Jalan Kenanga No 74, Kota Padangsidimpuan, Jum’at (25/6).

Untuk itu Bupati mengajak, kepada semua pihak untuk bersinergi dalam menangani persoalan kanker. Bupati bercerita bahwa, beberapa keluarga dekatnya ada yang meninggal dikarenakan penyakit itu. Sehingga memiliki pengalaman seputar penyakit tersebut.

“Saya memiliki keluarga, sampai ia meninggal dan sebelumnya telah berjuang menghadapi penyakit kanker. Dan umumnya, penyakit ini jika menyerang wanita, mohon maaf akan menyerang bagian kewanitaan seperti payudara dan serviks. Sedangkan pria umumnya akan menyerang prostat,” ujar Bupati.

Bahkan, sambung Bupati, menyatakan salut atas perjuangan orang yang menderita penyakit tersebut mulai dari berobat formal pada dokter ahli, sampai berbagai cara, mulai dari terapi, hingga alternatif lainnya, sampai ke negeri Tiongkok. Memang, ada sebagian yang sembuh. Namun, dalam kurun beberapa waktu ke depan, penyakit itu ada yang kembali kambuh dan menggerogoti si penderita.

“Pengalaman saya ketika teman tersebut menemani istrinya berobat, dia dapati realita bahwa penyakit ini tidak hanya ditemukan kepada orang yang sudah sepuh/senior, akan tetapi ada anak yang baru berumur 3 tahun saja sudah terkena kanker, artinya bisa saja penyakit ini mengenai segala lapisan umur,” imbuhnya.

Beberapa waktu lalu juga, Bupati bercerita, ada tetangganya yang baru berumur 27 tahun sudah terkena kanker usus, karena kerap mengonsumsi mie instan. Menurut literatur sederhananya kanker berarti jaringan yang tumbuh secara abnormal atau disebut tumor ganas, bersifat tidak menular, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita. Sel kanker bersifat ganas dan dapat menginvasi serta merusak fungsi jaringan tersebut.

“Dalam banyak kisah saya mendengar, salah satu faktor seseorang dapat berhasil mengatasi kanker dengan berjuang sambil berpikir positif bahkan memiliki keyakinan positif dapat sembuh. Tugas Yayasan Kanker Indonesia Cabang Tapsel ini lah yang memberikan pendampingan, penguatan dan bantuan. Karena kanker sifatnya tidak menular”, terang Dolly.

Bupati yakin, di Kabupaten Tapsel sendiri angka penderita penyakit kanker cukup tinggi, namun belum ada edukasi tentang pencegahannya dan penanganannya di masyarakat. Maka dari itu, perlu disampaikan ke masyarakat agar menjaga perilaku hidup sehat, peduli, dan waspada terhadap penyakit kanker.

“Terakhir, saya ucapkan selamat kepada ketua Yayasan Kanker Indonesia dan pengurus cabang Kabupaten Tapsel yang dilantik pada hari ini. Semoga ini menjadi langkah awal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta amal ibadah kepada masyarakat dalam membantu kepada penderita penyakit kanker.” tutupnya.

Sebelumnya Ketua YKI Cabang Kabupaten Tapsel Rosalina Siregar, SP mengatakan, saya berharap kepada seluruh pengurus untuk dapat bekerja sama dalam mengemban tugas dengan baik, agar masyarakat Tapsel terbebas dari penyakit kanker, serta dapat memberikan perawatan pada penderita yang terkena kanker.

Menurutnya, penyakit kanker tidak bisa disepelekan, karena dari ke hari, jumlah penderitanya kian bertambah. “Sekarang, tidak bisa dilihat dari segi umur lagi. Siapa saja bisa terkena kanker,” kata Rosalina.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih kepada Ketua YKI Sumut yang telah melantik pengurus YKI Cabang Kabupaten Tapsel. Kami seluruh pengurus akan melaksanakan semua aktivitas dalam mengatasi permasalahan kanker ini,” katanya.

Adapun pengurus YKI Cabang Kabupaten Tapsel yang dilantik berdasarkan SK No. 001-022/SKEP/YKISU/VI/2021 tentang pengukuhan pengurus yayasan kanker Indonesia cabang kabupaten/kota se Sumatera Utara periode 2021-2025 yakni, Ketua Rosalina Siregar, SP, Sekretaris Mardiani Siregar, S.Pd, Bendahara Atikah Nasution, Amd beserta Bidang-bidang dan anggota lainnya. (Sayuti)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts