Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati Tapsel : Forum Anak Harus Mampu Menjadi Wadah Kreativitas Bagi Anak-Anak Generasi Emas Tapsel


					Bupati Tapsel : Forum Anak Harus Mampu Menjadi Wadah Kreativitas Bagi Anak-Anak Generasi Emas Tapsel Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, menegaskan, pembentukan forum anak, sebagai bagian dari kabupaten layak anak (KLA), harus mampu menjadi wadah kreativitas bagi anak-anak generasi emas Tapsel. Hal itu bertujuan agar anak-anak Tapsel berpikir kreatif, menyalurkan bakatnya dan mengembangkan kepribadiannya sehingga mampu menemukan solusi terhadap masalah sosial pada anak.

“Selain itu forum anak diharapkan dapat menjadi satu wadah menyosialisasikan kebijakan dan perundang-undangan, terkait pemenuhan hak anak dan mampu menjadi tutor sebaya,” ungkap Bupati disela acara pembentukan dan pengukuhan forum anak Kabupaten Tapsel periode 2021-2023 di Aula Kantor Camat Angkola Timur, Jumat (28/5).

Selaku dewan pembina forum anak Tapsel, Bupati meyakini kegiatan itu dapat bermanfaat bagi anak, masyarakat, dan pemerintah. Sedangkan manfaat untuk pemerintah, adalah terlaksananya amanah undang-undang perlindungan anak.

“Serta penyebarluasan informasi terkait anak lebih fokus, tepat sasaran dalam penyusunan strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan lebih ke arah perspektif anak,” imbuh Bupati seraya mengingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

Ia menceritakan dari sisi orang tua ketika memiliki putri pertama, cukup sulit menghadapi kelakuan putri pertamanya tersebut. Sehingga ia banyak mencari referensi dari internet dan akhirnya menemukan forum “Indonesian Strong From Home”, sebuah forum yang melibatkan orang tua dan anak dalam membina keluarga yang kuat.

Dolly akhirnya mengakui, perspektifnya berbeda dalam memandang kehidupan anak-anak. Seringkali orang tuanya belum mengerti apa yang diinginkan oleh anak, sehingga mudah sekali memberi label pada seorang anak.

Pola komunikasi dan menyatukan dalam suatu wadah ini sangat penting dan strategis, mengingat bahaya penyalahgunaan narkoba, kejahatan pada anak, eksploitasi anak yang marak akibat cepatnya informasi.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu, yang juga merupakan pembina forum anak, mengatakan, bahwa anak merupakan aset bangsa, modal utama pembangunan. Serta tumbuh kembang anak, tanggungjawab semua pihak (orang tua, masyarakat, dan pemerintah).

“Wadah forum anak bertujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan mempunyai pemikiran visioner ke depan. Anggota forum anak juga bisa menjadi pelopor dan pelapor serta menjadi tutor sebaya untuk mengajak anak yang belum bergabung di forum anak,” katanya.

Lebih lanjut dia menyebut, forum anak juga sebagai wadah partisipasi yang diharapkan dapat menampung aspirasi, gagasan, dan ide yang berkaitan dengan aspek tumbuh kembang anak. Selanjutnya forum anak dapat menyalurkan aspirasinya kepada pemerintah daerah untuk di jadikan pertimbangan bagi pemangku kepentingan dalam proses perencanaan pembangunan.

Turut hadir, Asisten Administrasi Umum Ahmad Buchori, Kepala BNNK Tapsel AKBP Tongku Bosar Pane, Kadis PP dan PA Tiorisma Damayanti, Kadis Kesehatan dr Sri Khairunnisa, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Sekretaris MUI Tapsel Henri Harahap, dan Camat se-Tapsel. (Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Sidang Paripurna Dalam Rangka HUT Ke – 76 Provinsi Sumut

19 April 2024 - 09:09

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Lakukan Kunjungan Ke Beberapa OPD

19 April 2024 - 08:37

Atika Azmi Wakili Indonesia di Forum Internasional Economic Development and The Environment For ASEAN Municipal Leaders

18 April 2024 - 22:08

Jalin Silaturahim Pasca Lebaran, Pemerintah Kecamatan Bukit Malintang Gelar Halal Bi Halal

18 April 2024 - 18:56

Camat Siabu Hadiri Penyerahan BLT – DD T.A 2024 Kepada 46 KPM di Desa Lumban Pinasa

18 April 2024 - 17:56

Usai Cuti Lebaran, Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

18 April 2024 - 10:08

Trending di Berita Daerah