Peristiwa

Kondisi Cuaca Panas Terik, 10 Hektar Lahan Perkebunan Masyarakat Desa Sinunukan VI Terbakar

Madinapos.com – Batahan.

Diperkirakan lebih dari 10 hektar lahan perkebunan masyarakat Desa Sinunukan VI Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal Minggu (14/2) siang terbakar. Asap yang mengepul dari lokasi kebakaran yang terdiri dari lahan gambut tersebut menyebabkan tebaran asap terbawa angin menyebar hingga kepemukiman warga yang hanya berjarak 200 meter dari lokasi kebakaran.

Terlihat Muspika Kecamatan Batahan Irsal Pariadi, S.Stp. Camat beserta personil Polsek Batahan, personil Koramil 20 Batahan, Kades dan aparat desa sekitar Kecamatan Batahan dibantu karyawan KUD Sawit Murni dan karyawan PT.Gruti, tim Manggala Agni, petugas Damkar Posko Natal dan warga masyarakat terlihat berjibaku mencoba mengendalikan api.

Peralatan yang dipergunakan diantaranya peralatan pemadaman berupa 2 unit mobil damkar (1 mobil damkar PT.Gruti dan 1 mobil damkar Pemkab), Alcon 8 unit ( 2 milik KUD, 2 milik koramil, 4 alcon milik desa sekitar). Sementara warga diungsikan ketempat yang lebih aman sekaligus mendirikan posko kesehatan.

Camat Batahan, Irsal Pariadi, Sstp, mengatakan bahwa api tepantau mulai membesar sekitar pukul 11 siang dan belum diketahui asal muasalnya,” kami dari Pemerintahan Kecamatan Batahan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dintaranya perusahaan sekitar, tim damkar dan warga desa yang telah membantu menjinakkan api dan alhamdulilah untukmsaat ini bisa dikendalikan”, ungkapnya.

” Kondisi api malam ini msh ada hidup di 4 titik, selainnya hanya tinggal bara api dengan asap tebal, namun terus dilakukan pemadaman dan menjaga agar tidak membesar kembali”, tutupnya.

Sementara Kepala Desa Sinunukan VI, Suhendar kepada Madina pos mengungkapkan rasa apresiasi dan terima kasih atas kerja sama segenap pihak termasuk warga dan Camat Batahan dalam menanggulangi kebakaran lahan warga di Desa Sinunukan VI. “Semoga kebersamaan dan sinergitas diantara pemangku kepentingan yang ditunjukkan seperti semakin terjalin di masa mendatang sehingga karhutla seperti ini akan cepat teratasi” ujar Suhendar. (Topen)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts