Berita Daerah

Pengurus Mabicab Dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan Masa Bhakti 2020 – 2025 Resmi Dilantik

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan (Psp) resmi dilantik dan dikukuhkan, masa bhakti 2020 – 2025, Rabu (10/2/2021) malam bertempat di Aula Kantor Walikota Padangsidimpuan.

Prosesi pelantikan dipimpin Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Utara H. Nurdin Lubis SH, MM, diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan Masa Bakti 2020-2025, pengucapan ikrar dan penandatanganan naskah pelantikan.

Ketua Mabicab dijabat Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Wakil Ketua dijabat Wakil Walikota Ir Arwin Siregar dan unsur Forkopimda. Sedangkan, Sekretaris dijabat Sekda Kota Letnan Dalimunthe SKM M.Kes.

Sementara pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan masa bhakti 2020 – 2025 diketuai Islahuddin Nasution, S.Sos, Ibnu Hajar sebagai Ketua Harian, Mulkeis S.Ag, M.A sebagai sekretaris dan Dra Siswanti sebagai bendahara dilantik Walikota Padangsidimpuan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan Islahuddin Nasution, S.Sos dalam sambutannya mengatakan rasa terimakasih atas kehadiran Kakak Kwarda Provinsi Sumatera Utara beserta rombongan.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Walikota Padangsidimpuan selaku Ketua Majelis Pembimbing yang telah melantik pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.

” Amanah yang dipercayakan di pundak kami untuk menakhodai kwarcab pramuka kota padangsidimpuan, mudah mudahan dapat kami emban dengan sebaik baiknya, tentunya dengan kerjasama, ketulusan dan komitmen seluruhnya.”ujar Islahuddin.

Kedepannya, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan berupaya tampil dengan paradigma baru saling asah, asih dan asuh dalam mewujudkan visi misi pramuka sebagai wadah pembentukan watak dan budi pekerti yang luhur melalui pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan dan kepentingan masyarakat bangsa dan negara.

Untuk itu, Islahuddin selalu berharap arahan dan bimbingan dari Walikota dan Kwarda Sumut. ” Kita berkomitmen untuk memajukan kota Padangsidimpuan ini sesuai dengan mottonya bersinar, berkarakter.”ujarnya.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Effendi Nasution,SH menyampaikan bahwa ia bersama forkopimda, sekretaris daerah dan lainnya sebagai Mabicab akan menunaikan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

” Memang sempat ada kekosongan pengurus Kwartir dan Mabicab, disebabkan adanya Covid 19. Namun Alhamdulillah, beberapa waktu lalu akhirnya muscab dapat diwujudkan dan dilantik pada hari ini.”ujar Irsan.

Kehadiran Kwarcab akan berkontribusi bagi berbagai upaya dan ikhtiar di tengah Pandemi ini dimana Pramuka diharapkan bisa mengambil peran untuk menjalankan prokes Covidb19 juga bisa melakukan konsolidasi sampai tingkat kecamatan.

” Diharapkan, dengan Pramuka ini, anak anak bisa terbentuk karakternya yang mempunyai tim dan soliditas yang tinggi dan mimpi kami akan hadirnya bumi perkemahan berskala regional di Kota Padangsidimpuan ini.”ujar Irsan.

Dikatakannya, tahun ini, melalui Dinas Perkim mudah mudahan bumi perkemahan itu bisa segera terwujud sebab dengan adanya bumi perkemahan berskala regional, diharapkan akan ada multiplayer efek bagi kota dan masyarakat, yang mempunyai keterbatasan sumber daya alam.

Pada kesempatan itu, Irsan juga menyampaikan salah satu aset milik Pemprovsu lewat Gubsu sudah bisa di gunakan sebagai Kantor Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.” Mudah-mudahan, apa yang menjadi harapan kita semua, untuk kebaikan dan pembangunan kota Padangsidimpuan dapat terwujud.”katanya.

Sementara, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara H Nurdin Lubis SH MM dalam sambutannya mengharapkan kepada Ketua Mabicab dapat memberikan bimbingandan bantuan moril kepada Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.

” Kami memberikan apresiasi kepada Walikota yang berencana membangun bumi perkemahan atau Cadika yang bertaraf regional dan mudah mudahan bisa bertaraf nasional. Untuk perkantoran, dimana hasil survey ada perkantoran yang merupakan aset pemprovsu yang bisa dijadikan sebagai perkantoran kwarcab, mudah mudahan diberikan.”ujarnya.

Kepada Ketua Kwarcab, Nurdin berpesan agar selalu menerapkan kolektif kolegial sesuai tradisi di Pramuka yang saling asah, saling asih dan saling asuh.

Kwartir cabang harus selalu berkoordinasi dengan Majelis Pembimbing Cabang dan harus bersinergi agar sejalan sampai ke tingkat bawah.

” Terkait Pandemi Covid-19, Kwartir Nasional sudah mengeluarkan maklumat agar pramuka aktif peduli kepada penanggulangan bencana dalam membantu pemerintah dan masyarakat baik dalam bentuk bencana alam dan bencana non alam dan segera bentuk satuan tugasnya.”jelas Nurdin.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Walikota Psp Ir Arwin Siregar, Ketua DPRD Siwan Siswanto, Kapolres AKBP Juliani Prihartini, Kepala Kejaksaan Negeri Hendry Silitonga, mewakili Dandim 0212/TS, Sekretaris Letnan Dalimunthe SKM MKes, Pimpinan OPD dan Camat se- Kota Padangsidimpuan. (*/Andy Hsb)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts