Pendidikan

Semarak Demokrasi Pilkasim MAN 2 Madina Dilakukan Secara Online, Partisipasi Pemilih Tetap Tinggi

Madinapos.com – Natal.

Kondisi MAN 2 Mandailing Natal (Madina) masih memberlakukan daring dampak Pandemi Covid-19 namun tidak menghambat beberapa pelaksanaan aktivitas siswa, selain kegiatan belajar yang harus terus berlangsung, kegiatan lainnya seperti pemilihan Ketua OSIM harus juga terus berjalan. Banyak jalan menuju Roma. Pepatah ini menjadi motivasi bagi siswa/siswi meski di masa pandemi, keterbatasan beraktivitas tidak menjadi penghalang, semangat para siswa tidak padam untuk melanjutkan estafet kepemimpinan OSIM di MAN 2 Mandailing Natal.

Risna Yanti Ita (R.Y.Ita) salah seorang guru sekolah tersebut mengatakan pemilihan OSIM MAN 2 Madina telah berjalan dengan baik,” Jika tidak bisa dilaksanakan secara langsung, maka pilkasim via online adalah cara yang paling tepat”, ungkapnya sebagaimana tulisan berita publik yang dikirimnya kepada media ini, Selasa (9/2).

Lanjut R. Y. Ita tahapan pelaksanaan pilkasim yang dilaksanakan siswa/siswi tetap berjalan sebagaimana mestinya. Tidak ada bagian yang terlewatkan. Alur proses pemilihan ketua OSIM melewati 4 tahap. Tahap pertama yaitu tahap pendaftaran, pengumuman pendaftaran paslon beserta syarat-syarat menjadi kandidat dilaksanakan dari tanggal 12-16 Januari 2021, pendaftaran paslon pada tanggal 17-19 Januari 2021, verifikasi berkas syarat paslon pada tanggal 21 Januari 2021, penetapan paslon pada tanggal 22 januari 2021 dan pengundian nomor urut pada tanggal 23 Januari 2021.

Tahap kedua adalah tahapan masa kampanye, pertemuan terbatas, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye (APK) dilaksanakan pada tanggal 24-27 Januari 2021, debat publik/terbuka via zoom tanggal 28 Januari 2021, masa tenang/pembersihan alat kampanye pada tanggal 29-31 Januari 2021. Tahap tiga masa pelaksanaan, pemungutan suara via online dilaksanakan pada tanggal 01 Februari 2021, rekapitulasi hasil perhitungan suara pada tanggal 02-03 Februari 2021. Tahap empat merupakan masa penetapan paslon terpilih, pengumuman hasil rekapitulas suara dilaksanakan pada tanggal 04 Februari 2021.

“Kegigihan dan perjuangan dalam mempersiapkan pilkasim periode tahun ini pantas diacungi jempol, tidak ada yang menjadi hambatan jika ada kemauan dan berdiskusi untuk mencari solusi agar pelaksanaan pergantian estafet kepemimpinan tetap berjalan”, tambah ibu guru yang gemar menulis novel ini.

“Kali ini, tema yang diusung dalam pesta demokrasi pilkasim MAN 2 Madina adalah “Pelajar Hari Ini, Pemimpin Masa Depan” yang artinya adalah, bahwa pelajar akan menjadi pemimpin yang mengubah masa depan bangsa menjadi lebih baik lagi”, sebutnya lagi.

Ibu guru ini juga mengatakan, calon ketua OSIM MAN 2 Mandailing Natal tahun ini ada dua pasang, yaitu: (1) Willy Setiawan dan Nico Ardiansyah Nst. (2) Abdul Rasyid Ilham dan Indra Gunawan.

Pilkasim dilaksanakan pada hari senin 01 Februari 2021, dimulai dari pukul 07.30-12.00 Wib secara online. Cara pelaksanaannya tidak rumit. Para siswa diberikan username dan kode sandi, setelah itu mereka bisa memilih kandidat dengan mengakses link yang telah diberikan. Pemilihan secara online ini adalah pilihan yang tepat di masa pandemi, dengan demikian piltosim yang diadakan di sekolah ini merupakan contoh miniatur seperti apa yang dilakukan oleh Negara Amerika.

Meski dilaksanakan secara online, partisipasi peserta didik cukup tinggi. Berdasarkan catatan panitia, suara yang masuk berjumlah 525 suara dari total 641 pemilih. Siswa yang tidak menggunakan hak pilihnya tidak memilih karena terkendala jaringan saat membuka link.

Setelah melaksanakan proses pemilihan, pada tanggal 02-03 Februari 2021 dilakukan rekapitulasi suara. Berdasarkan hasil rekapitulasi, pilkasim pada periode ini dimenangkan oleh paslon nomor urut (1) Willy Setiawan dan Nico Ardiansyah Nst dengan perolehan jumlah suara 270 suara dan pada tanggal 04 Februari 2021, pengumuman penetapan pemenang diumumkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) OSIM MAN 2 Mandailing Natal di halaman sekolah, dihadiri oleh dewan guru dan paslon 01 dan 02. Pengumuman ini dilaksanakan sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Sementara Kepala Madrasah Bapak Rahmuddin, M. Si memberikan arahan kepada kedua pasang calon bahwa semua adalah pemenang,” mari saling merangkul untuk menjadikan madrasah ini menjadi lebih baik ke depannya. Ya, dalam kompetisi memang harus ada yang kalah dan ada yang menang. Bagi yang kalah jangan berkecil hati, mungkin di lain kesempatan bisa menjadi lebih baik lagi, begitu pula kepada yang menang, jangan merasa berada di atas angin, tapi mari saling melengkapi,” ujar beliau dalam arahannya.

Selanjutnya, Kepala Madrasah  juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan semua yang berpartisipasi atas terlaksananya kegiatan pilkasim tersebut sehingga pelaksanaannya terlaksana dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kiriman Berita Publik : Risna Yanti Ita.
Editor : Alkap Masri

loading...

Komentar Facebook

Related Posts