Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Optimalisasi Lahan Perkantoran Menjadi Produksi Ketahanan Pangan


					Optimalisasi Lahan Perkantoran Menjadi Produksi Ketahanan Pangan Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Melihat potensi yang besar dalam ikut mewujudkan ketahanan pangan, perlu kiranya mengoptimalisasi lahan perkantoran menjadi produksi ketahanan pangan. Hal itu disampaikan Bupati pada saat meninjau lokasi lahan kosong yang dimanfaatkan Kantor Kesbangpol dengan di tanami sayuran, palawija dan tanaman lainnya, di sekitaran Kantor Kesbangpol, Selasa (1/9).

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pegawai Kesbangpol dalam memanfaatkan lahan yang kosong ini menjadi kebutuhan pangan terutama tanaman sayuran, palawija dan tanaman lainnya.

“Dengan dimanfaatkannya lahan kosong ini, maka dapat memberikan nilai tambah penghasilan terhadap pegawai Kesbangpol untuk membantu perekonomian keluarga dan juga dapat mendukung program ketahanan pangan dalam mengoptimalisasi lahan yang kosong agar bermanfaat dan juga bisa menjadi contoh kepada masyarakat atau dinas lainnya.

Selain itu, pemanfaatan lahan kosong yang ditanami tanaman pangan ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan masyarakat karena ketahanan pangan menjadi perhatian penting dalam tatanan kebiasaan baru (new normal) di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh dinas yang masih mempunyai lahan kosong agar dapat dimanfaatkan untuk ditanami tanaman pangan seperti yang dilakukan oleh pegawai Kesbangpol, harap Syahrul.

Sebelumnya Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan mengatakan, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk optimalisasi lahan perkantoran dengan memproduksi kebutuhan pangan terutama tanaman sayuran, palawija dan tanaman lainnya, memang lahan yang kosong ini tidak luas tapi bisa bermanfaat untuk ketahanan pangan, ungkap Hamdy.

Selain untuk memperkuat ketahanan pangan juga dapat memberi contoh kepada masyarakat, bahwa ketahanan pangan itu bisa dilakukan dilahan yang sempit seperti yang kita lakukan saat ini, katanya.

Disisi lain juga dapat memberi kreatifitas kepada pegawai kita bahwa didalam pelaksanaan tugas bukan hanya kerja dikantor saja akan tetapi bisa juga kerja dilahan perkantoran seperti memanfaatkan lahan yang kosong menjadi tanaman sayuran, palawija maupun tanaman lainnya.

Selanjutnya kata Hamdy, lahan yang kosong ini dapat kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin, apabila kita serius menanganinya karena sekecil apapun lahannya dan setidak subur apapun tanahnya apabila diolah dengan menggunakan pupuk kompos maka tanahnya akan menjadi subur sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai produksi ketahanan pangan.

Pada saat peninjauan lahan, diikuti Sekda Tapsel Parulian Nasution, Kadis Pertanian Bismark Muaratua, Kadis Ketapang Efridayanti Pakpahan, Kadis PMPTSP Sofyan Adil Siregar, Kabag Umum dan Perlengkapan Farwis Rizky serta para Pejabat eselon III pada Kantor Kesbangpol. (Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H, FUI Madina Gelar Zikir Doa dan Pawai Obor

13 Juli 2024 - 23:11

Kunjungi Desa Sayur Matua, Kades : Terimakasih, Pj. Bupati Palas dan PT. Empe Tonga Bakri Group

13 Juli 2024 - 18:13

Forkopimcam Linggabayu Gelar Jum’at Bersih dan Senam Bersama

12 Juli 2024 - 17:36

Forkopimcam Muara Sipongi Bersama Masyarakat Gelar Gotong Royong

12 Juli 2024 - 15:14

Kungker diwilayah Pantai Barat, Wabup Atika Kunjungi Kecamatan Linggabayu

12 Juli 2024 - 00:09

Wabup Madina Kunjungi Korban Kebakaran di Kelurahan Longat

12 Juli 2024 - 00:03

Trending di Berita Daerah