Berita Daerah

Tim Gabungan Polres, TNI dan TGTPP Covid-19 Lakukan Penyemprotan Massal di Jalan Lintas Sibuhuan – Riau

Madinapos.com – Palas.

Kepolisian Resor (Polres) Palas bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) lakukan penyemprotan massal untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Penyemprotan dilakukan di pusat keramaian penduduk seperti di Pasar Sibuhuan hingga Sungai Korang Perbatasan Kabupaten Padang Lawas menuju Riau .

Tim Gabungan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Padang Lawas yang terdiri dari Polri-TNI, BPBD, Dinkes, Disperkimhub serta Satpol PP dan Damkar dengan menurunkan Water Canon Kepolisian, Unit Damkar serta Tim Penyemrotan Disinfectant dengan menulusuri sudut pasar Ujung Batu, Pasar Panyabungan dan perkantoran serta penyemprotan disepanjang jalan raya Sungai Korang batas Palas – Rohul.

Kapolres Palas, AKBP Jarot Yusviq Andito S.IK melalui Kabag Ops Polres Palas Kompol Aswin Noor Nasution mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan pemerintah dan maklumat Kapolri,” kegiatan ini merupakan penyemprotan secara massal, kali ini kita laksanakan besar-besaran yang kita mulai dari kota Sibuhuan sampai ketingkat kecamatan, kita laksanakan selama dua hari”,  katanya.

“Untuk itu, kepada seluruh rekan dan petugas yang ikut diterjunkan untuk penyemprotan, mohon partisipasi, sumbangsi tenaganya untuk suksesnya pelaksanaan ini agar penyemprotan masal ini dapat berjalan dengan baik, dan bagaimana taktis dan teknisnya akan diatur oleh tim yang sudah terbentuk dalam rangka penyemprotan massal ini”, katanya.

Lebihlanjut Kabag Ops mengingatkan kepada rekan rekan seluruh petugas tim gabungan kegiatan ini harus terkoordinir satu komando, tidak ada yang mengambil inisiatif sendiri dan yang lainnya tanpa ada seijin dari koordinator, melakukan penyemprotan massal ini terukur, tidak boleh bertindak tanpa ada persetujuan dari pada koordinator”, ungkapnya.

“Dalam hal ini juga, harus sampaikan kepada rekan sekalian, dalam pelaksanaannya ini, harus sopan dengan artian kata kita boleh tegas tapi sopan bukan berarti keras, mudah-mudahan kegiatan penyemprotan kita ini, berjalan dengan baik, hasil penyemprotan ini dapat bermanfaat sehingga virus corona (Covid-19) ini musnah dari Kabupaten Padang Lawas”, tutup. Kabag Ops Polres Palas Kompol Aswin Noor Nasution,” Sabtu. (11/04/2020).

Sementara itu Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap berharap, masyarakat Palas agar dapat mengikuti semua arahan yang telah disampaikan pihak Kesehatan, Kepolisian maupun yang terkait dengan masalah covid 19 ini. Selain itu bupati berpesan, Jangan bepergian ke daerah yang terdampak virus corona, hindari pusat keramaian, dan selalu mencuci tangan sesudah beraktivitas dengan sabun antiseptik serta jaga jarak.

“Mengingat penyebaran virus ini semakin lama kian meningkat, sehingga pencegahannya bukan dari pemerintah saja, namun dari diri masyarakat pun diperlukan agar pandemi virus corona ini berakhir cepat,” pungkas Bupati.

Sementara Jubir Satgas Covid Pemkab Palas Marza Jennova mengatakan, setelah dari Pusat Pasar Sibuhuan menuju eks Sosa sampai ke Posko Perbatasan Palas-Rohul Provinsi Riau, dan besok sama seperti penyemprotan hari ini, Sibuhuan menuju Eks Barumun Tengah penyemprotan di tempat umum, pasar dan lainnya. Selain Pasar Sibuhuan, petugas memfokuskan penyemprotan di wilayah Kecamatan Barumun dan sampai perbatasan palas-Rohul.

“Sementara Mobil Water Canon bertugas melakukan penyemprotan disepanjang jalan, dimulai dari jalan lintas Sibuhuan – Riau, Jalan Ki Hajar Dewantara lingkungan VI, Pasar Sibuhuan, Lapangan Merdeka, Jalan Surapati Lingkungan III Banjar Raja, Jalan Sudirman Lingkungan I, jalan H M yamin Lingkungan II Gelanggang,  Lingkungan VII Batang Taris dan lingkungan VI Aek Salak Barumun dan dilanjutkan ke Sosa dan Huragi”, ujarnya.

Selama penyemprotan cairan disinfektan, petugas Gugus Tugas Covid-19 juga mengumumkan menggunakan pengeras suara dari mobil Patwal Disperkimhub Palas dan kenderaan milik Polres Palas agar masyarakat mematuhi himbauan pemerintah dan tidak berkumpul di keramaian serta menjalankan social distancing. (A.Salam Siregar)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts