Wisata & Cerpen

Jelajah Wisata Madina,  Puluhan Air Terjun Indah Tersembunyi Dibalik Perbukitan Panyabungan Tmur

Madinapos. com – Panyabungan Timur.

Jika ingin menjejal ketahanan physik dengan melintasi alam yang masih asri,  cobalah datang ke Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Prov. Sumatera Utara. Alam Kecamatan di kaki Bukit Barisan ini banyak menyediakan lokasi yang Indah untuk dikunjungi,  puluhan air terjun dengan kualitas air yang jernih dan sejuk menyambut kedatangan para traveler muda pecinta alam sejati.

Tim dari Kominfo Madina, Kepala Seksi Sobar Nasution, Tim Media Madina Pos Syahren Hasibuan dan warga desa mengunjungi salah satu destinasi Air Terjun yang terletak di Desa Pagur Kecamatan Panyabungan Timur yang dikenal dengan nama air terjun Layang layang, Rabu (25/12) lalu,” letaknya cukup jauh dan lintasannya menantang adrenalin penjelajah kita, Tim berangkat dari Desa Pagur jam 9,30 wib menuju lokasi air terjun dengan persiapan yang cukup, untuk tiba dilokasi air terjun ini kita harus berjalan kaki melintasi hutan dan menyeberagi sungai yang penuh dengan tantangan”, ungkapnya.

“Tak jarang dari anggota tim tergelincir dan jatuh karena licinnya bebatuan, selain itu harua melintasi hutan yang lebat juga sering jalan buntu karena memang lokasi ini belum ada akses jalan, jadi cukup menarik, penuh tantangan dan melelahkan”, tambahnya.

Sementara itu Mhd Syukur pendamping tim dari Desa Pagur menuturkan lokasi air terjun Layang layang ini tepatnya beradadi Tor Matipul (Bukit Patah) ini ada tujuh tingkat dan dari setiap air terjun memiliki ketinggian yang berbeda beda, mulai dari 20 meter hingga 60 meter”, Air terjun ini masih jarang dijunjungi wisatawan karena medannya memang cukup berat, selain berat akses jalan ke lokasi ini juga belum ada, jarak tempuh dari desa ke lokasi air terjun ini sekitar 4 jam, bagi anda yang ingin  berwisata ke lokasi ini kita harus siap melitasi sungai yang penuh dengan bebatuan yang licin”, sebutnya.

Syukur juga menambahkan selain air terjun Silayang layang di Desa Pagur masih banyak air terjun,” seperti di Aek Pagur ada 2. 1 Air Terjun atau biasa dinamai Sampuran Jantan,  Simalonah Julu dengan ketinggian 75m Sampuran Boru 1 Simalonah Jae dengan ketinggian 100 meter, Paet Cire 3 Titik,1 dengan ketinggian 100 meter, dua 30 meter, tiga 20 meter, di Tor Simoba,  satu titik dengan 25 meter, Rura Sioncim dua titik ketinggian 7 meter, dan 30 meter.(Liputan Syahren – Alq)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts