Berita Daerah

Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Pemkab Tapsel Gelar Shalat Berjamaah

Madinapos.com – Tapsel.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) menggelar shalat gerhana matahari berjamaah di Gedung Serba Guna Sarasi II, Perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Kamis (26/12/2019).

Diperkirakan, awal gerhana matahari terjadi pada pukul 10.34 wib, puncak gerhana terjadi pada pukul 12.17 wib, dan akhir gerhana pada pukul 14.00 wib.

Sedangkan Pelaksanaan shalat gerhana matahari dilaksanakan pada pukul 11.00 wib. Bertindak selaku imam shalat gerhana matahari dan khatib Al-Ustadz Ilham, setelah shalat gerhana matahari dilanjutkan dengan khutbah dan shalat dzuhur berjamaah yang diikuti oleh para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Kabag dan seluruh ASN Tapsel.

Sekda Tapsel Parulian Nasution mengatakan, kegiatan shalat gerhana matahari ini sengaja kita laksanakan untuk menjalankan syariat Islam dan perintah Rasulullah SAW. Ini merupakan salah satu kejadian langka, sehingga shalat gerhana matahari cincin ini mungkin kita lakukan sekali seumur hidup, karena siklusnya itu bisa mencapai 300 tahun,” kata Sekda Tapsel Parulian.

” Bahwasanya gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi. Fenomena ini merupakan salah satu akibat dari dinamisnya pergerakan matahari, bumi dan bulan,” terang Parulian.

” Pelaksanaan shalat gerhana matahari ini sebagaimana himbauan Kementerian Agama RI melalui Ditjen Bimas Islam untuk mengajak kepada seluruh umat Islam di seluruh Indonesia agar melaksanakan shalat sunnah gerhana matahari atau yang disebut Shalat Khusuf.”

Oleh karenanya dengan fenomena gerhana matahari ini, mari kita ambil hikmahnya untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya serta selalu senantiasa perbanyak berzikir, ajak Parulian.

Sedangkan Al-Ustadz Ilham dalam tausiahnya mengajak kepada seluruh jamaah shalat gerhana matahari untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berzikir, berdoa, beristighfar, bersedekah, dan hal baik lainnya, ajak Ilham. (Humas dan Protokol Tapsel/Sayuti)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts