Menu

Mode Gelap

Madina Bisnis

Tingkatkan Kompetensi Nelayan, Dinas Perikanan Kelautan Madina Gelar Pelatihan Pembuatan Ikan Asap


					Tingkatkan Kompetensi Nelayan, Dinas Perikanan Kelautan Madina Gelar Pelatihan Pembuatan Ikan Asap Perbesar

Madinapos.com – Batahan.

Dinas Perikanan dan Kelautan ( DKP ) Kabupaten Mandailing Natal Prov. Sumatera Utara menggelar kegiatan pelatihan pembuatan ikan asap. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kompetensi bagi nelayan dan keluarganya ini diharapkan dapat menciptakan usaha sampingan yang memberikan nilai ekonomis untuk menutupi kebutuhan keluarga diluar budidaya dan penangkapan ikan.

Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (10-11/12) bertempat di Mess Pemda Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan ini disambut antusias 70 nelayan yang berasal dari 6 Desa yakni Kuala Batahan, Kelurahan Pasar Baru Batahan, Desa Pasar Batahan, Desa Sari Kenanga Batahan, Desa Kubangan Pandan Sari serta Desa Kubangan Tompek. Kegiatan ini menurunkan pelatih Ir.Rahmietry berasal dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Medan, serta dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mandailing Natal serta adanya bantuan alat oven pengasapan ikan kepada kelompok nelayan.

Kabid Pemberdayaan Pulau-Pulau Kecil Miswar Husin S.PI,M.SI. mengatakan pelatihan arternatif ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat nelayan bukan saja sekedar menangkap ikan atau menjadi nelayan tetapi bisa memberikan usaha sampingan lainya dalam budi daya ikan. ” Adapun latar belakang kegiatan ini dibuat adalah tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yaitu program pembuatan budi daya ikan di kolam yang dilapisi plastic namun terkendala sering bocor untuk itu di buatlah program ini sebagai penopang kehidupan nelayan sehingga bisa tetap berpenghasilan”, ungkap Miswar Husin S.PI.M.SI yang juga pejabat pelaksana kegiatan.

Miswar Husin menambahkan bahwa informasi yang diperoleh bahwa ikan pari asap dari Batahan memiliki kwalitas yang baik dan enak,” untuk itu kami akan meningkatkan kapasitas nelayan dengan pelatihan serta penggunaan alat oven pengasapan sehingga memenuhi standart pasar penjualan ikan asap dan memenuhi keinginan konsumen”, tambahnya.

Miswar juga menguraikan kepada media ini bahwa hari kedua pelatihan Rabu (11/12) peserta pelatihan akan di berikan materi berjudul Teknik Olahan Lele Asap.

Pemerintahan Kecamatan Batahan dalam sambutanya diwakili oleh zulkifli serta Eka Putra sangat berterimakasih kasih kepada DKP yang membuat acara ini,” kami menghimbau kepada Peserta agar mengikuti proses pelatihan ini dan juga kami berharap setelah pelatihan selesai supaya dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari”, kata zulkifli. (Topen)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

KUD Maju Bersama Bagikan SHU 777 Peserta

10 Mei 2024 - 11:42

Anggota KUD Kuala Tunak Tabuyung Minta Pengurus Transparan Selama Menjabat 2022 – 2023

30 April 2024 - 14:21

Harga Daging di Pasar Sinonoan Tinggi, Repden Madina : Jelang Lebaran 1445 H Kita Tekan

11 Maret 2024 - 16:00

Harga Daging Kerbau dan Lembu Tinggi, Sebagian Pembeli di Pasar Sinonoan Beralih Ke Ayam Potong

11 Maret 2024 - 09:32

1 H Jelang Ramadhan 1445 H, Harga Daging di Kabupaten Madina Kisaran Rp. 170 Ribu Perkilo

11 Maret 2024 - 08:47

Pengurus KPBML Batahan III Gelar RAT Tahun Buku 2023, Sekaligus Pembagian Pinjaman

8 Februari 2024 - 10:28

Trending di Madina Bisnis