Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Prosesi Mangadati Mandailing, Istri Muldoko Hasibuan Mendapat Marga Nasution Gelar Naduma Junjungan Gahara


					Prosesi Mangadati Mandailing, Istri Muldoko Hasibuan Mendapat Marga Nasution Gelar Naduma Junjungan Gahara Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Setelah sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Muldoko  mendapatkan marga Hasibuan dari sesepuh adat Padang Lawas, kali ini kunjungan pejabat penting di pemerintahan RI ini bersama istri Ny. Koesni Harningsih disambut dengan acara adat oleh para tetua dan raja adat Keluarga Besar Mandailing Natal. Dalam prosesi musyawarah adat, ditabalkan gelar adat Naduma Junjungan Gahara (Seorang Permaisuri Yang Dimuliakan) boru Nasution untuk mendampingi Muldoko Hasibuan.

Setelah musyawarah adat, dilanjutkan prosesi mangupa-upa dan digelar Tor-tor Harajaan dari para Raja Adat Mandailing, Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution beserta Istri, Walikota Padangsidimpuan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang turut menghadiri acara tersebut di Minggu (8/12/2019) malam tadi.

Dalam sambutannya, ibu Koesni Harningsih br. Nasution gelar Naduma Junjungan Gahara menyampaikan terimakasih kepada para tetua adat serta raja-raja Mandailing Natal yang telah memberikan Marga Nasution dan Gelar Adat Mandailing,” terimakasih, ini suatu kehormatan bagi saya mendapatkan gelar adat dan marga Nasution dari Raja-raja Mandailing, tentunya saya akan berusaha untuk seterusnya menjadi warga Mandailing dimanapun  berada”, ungkap ibu Koesni Harningsih br. Nasution dengan mengenakan pakaian adat kebesaran Ratu Mandailing.

Sementara itu Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya mengatakan rasa syukurnya karena telah dipersatukan dalan jalinan kekerabatan adat Mandailing,” kiranya pertemuan ini akan mempererat tali silaturahmi dan tersirat harapan untuk mendukung pembangunan di Mandailing Natal dan Tapanuli Bagian Selatan”, ungkapnya.

Setelah kegiatan prosesi adat, Muldoko Hasibuan, Dahlan Hasan Nasution dan rombongan serta undangan terlihat beristirahat santai sambil duduk berdiskusi dengan disajikan penganan khas Mandailing Natal.(Syahren)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 88 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dihadiri Camat Siabu, Pemdes Bonan Dolok dan Masyarakat Gelar Gotong Royong

24 Mei 2024 - 16:47

Camat Sipirok Terima Tunggul Kecamatan Terbaik I Tingkat Sumut

24 Mei 2024 - 16:29

272 Calhaj Palas Berangkat Dari Bandara Kualanamu Medan, 1 Gagal Karena Sakit

24 Mei 2024 - 07:16

Pemerintah Kabupaten Turunkan Alat Berat Perbaiki Tanggul Jebol di Tanggabosi, Siabu

23 Mei 2024 - 14:28

Uang Kotak Infak dan Santunan Anak Yatim di Mesjid Al Ihsan Mompang PG Dicuri Maling

23 Mei 2024 - 14:13

Air PDAM Tirta Madina Menuju Komp. Cemara Asri Mampet, Warga : Tagihan Lancar

23 Mei 2024 - 13:58

Trending di Berita Daerah