Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati Paluta Pimpin Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2019


					Bupati Paluta Pimpin Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2019 Perbesar

Madinapos.com – Paluta.

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), pelajar serta stake holder melaksanakan rangkaian upacara penaikan bendera merah putih, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019, di halaman kantor Bupati Paluta, Sumatera Utara Senin (25/11/2019).

Pada pelaksanaan upacara Hari Guru Nasional ini, mengusung tema Guru Penggerak Indonesia Maju, berperan sebagai inspektur upacara Bupati Paluta Andar Amin Harahap S.S.T.P. M.SI.

Hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Paluta H. Hariro Harahap, Sekda Paluta, H. Burhan Harahap, Kepala Kejari Paluta Andri Kurniawan, Ketua PGRI Paluta H. Hasbullah Harahap, Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar, Danramil 05/PB Kapt(inf) M Dalimunte, Kemenag Paluta, Pimpinan OPD, Camat, Darma Wanita Persatuan dan para tamu undangan lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap saat membacakan naskah pidato, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Nadiem Makarim terlebih dahulu mengucapkan permohonan maaf, karena pidato yang ia sampaikan sedikit berbeda dengan para pendahulunya. isi teks pidato yang dibacakan Bupati Paluta :

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, Biasanya tradisi hari guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke,

Guru Indonesia yang Tercinta, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit. Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas. Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan. Anda frustasi karena anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal.

Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi. Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia.

Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama.

Besok, di mana pun anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas anda.

Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.
– Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas
– Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.
– Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.
– Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

Selamat Hari Guru
#merdekabelajar #gurupenggerak

Pada acara penutupan, Bupati dan Muspida Paluta yang hadir menyerahkan hadiah dan trophy kepada para guru pemenang Olimpiade Guru Nasional (OGN) jenjang TK,/PAUD, SD, dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Paluta yang di gelar hari Jumat (22/11/2019) kemarin.(MP.Kml).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemkab Madina Mulai Bangun Ruas Jalan Aek Godang – Hutabargot

18 Mei 2024 - 20:29

Pemko Padangsidimpuan Gelar MTQ Ke- XXIII 2024

18 Mei 2024 - 17:59

Bergengsi, Desa Pardomuan Tapsel Wakili Sumut Lomba di HKG PKK Ke-52

18 Mei 2024 - 17:28

Bupati Dolly Pasaribu Lakukan Jalan Santai Bersama Pimpinan OPD dan ASN Tapsel

18 Mei 2024 - 17:15

Pj.Walikota Bai’at dan Lantik Dewan Hakim MTQ XXIII Tingkat Kota Padangsidimpuan

17 Mei 2024 - 19:54

Jumat Bersih di Kecamatan Siabu Terus Berlanjut, Sekcam : Mendukung Semangat Kerja

17 Mei 2024 - 13:45

Trending di Berita Daerah