Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pemkab Tapsel Lakukan Gerakan Serentak Berburu Tikus


					Pemkab Tapsel Lakukan Gerakan Serentak Berburu Tikus Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Dalam rangka menyambut HUT Tapsel yang Ke-69, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Dinas Pertanian melakukan gerakan serentak berburu tikus di Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muaratais, Prov. Sumatera Utara Selasa (19/11/2019).

Pada kesempatan itu, Sekda Tapsel Parulian Nasution yang mewakili Bupati dalam sambutannya menyampaikan, swasembada pangan di Tapanuli Selatan harus terus dapat dipertahankan dan ditingkatkan khususnya di Angkola area yaitu Kecamatan Angkola Muaratais, Batang Angkola, Sayurmatinggi dan Tantom Angkola.

Oleh karenanya melalui gerakan serentak berburu tikus. Ini menjadi upaya Dinas Pertanian dalam mengantisipasi gagal panen, saya harap langkah ini bisa diterapkan di semua kecamatan untuk bahu membahu dan bergotongroyong dalam membasmi hama padi agar hasil panen melimpah dan petani untung, harap Parulian.

Sekda juga sangat mendukung kerja keras petani dalam pembangunan sektor pertanian dengan perbaikan jaringan irigasi yang rusak secara rutin di daerah-daerah sentra produksi pertanian dan pemerintah pun siap mendukung apapun yang mampu meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan petani,” tandasnya.

Sebelumnya Kadis Pertanian Tapsel Bismark Muaratua dalam laporannya menjelaskan, gerakan serentak berburu tikus dilakukan sebagai langkah mengantisipasi terjadinya gagal panen di kecamatan setempat dan gerakan itu sendiri dilakukan dalam rangka menyambut HUT Tapsel yang Ke-69.

“Adapun lahan sawah yang menjadi tempat untuk berburu tikus ada sekitar 1500 hektar. Sedangkan yang ikut berburu tikus ada 220 orang terdiri dari kelompok tani yaitu kelompok tani Desa Sorimanaon, Desa Aek Gunung, Desa Muara Purba Nauli dan Desa Aek Nauli, pimpinan BPP, PHP dan PPL dari Kecamatan Batang Angkola, Angkola Muara Tais, dan Kecamatan Sayur Matinggi,” terang Bismark.

” Lebih dari 500 ekor tikus berhasil dibasmi dari gropiyokan dengan cara membersihkan lahan dengan menggunakan cangkul dan alat pemukul serta menaruh racun tikus (rodentisida),” jelas Bismark.

Perburuan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan musim tanam padi 2019-2020 di daerah kecamatan tersebut. “Semoga produktivitas petani sawah daerah ini semakin meningkat,” harapnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang berburu tikus. Adapun juara I Desa Sorimanaon, juara II Desa Aek gunung, juara III Desa Muara Purba Nauli dan juara harapan I Desa Aek Nauli. Yang hadiahnya diserahkan langsung oleh Sekda Tapsel yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan doorprize kepada para pemenang doorprize.

Turut hadir, Camat Angkola Muaratais AM Fadhil Harahap, para pejabat Dinas Pertanian, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, para Kades terkait dan seluruh kelompok tani. (Humas dan Protokol Tapsel/Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Sidang Paripurna Dalam Rangka HUT Ke – 76 Provinsi Sumut

19 April 2024 - 09:09

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Lakukan Kunjungan Ke Beberapa OPD

19 April 2024 - 08:37

Atika Azmi Wakili Indonesia di Forum Internasional Economic Development and The Environment For ASEAN Municipal Leaders

18 April 2024 - 22:08

Jalin Silaturahim Pasca Lebaran, Pemerintah Kecamatan Bukit Malintang Gelar Halal Bi Halal

18 April 2024 - 18:56

Camat Siabu Hadiri Penyerahan BLT – DD T.A 2024 Kepada 46 KPM di Desa Lumban Pinasa

18 April 2024 - 17:56

Usai Cuti Lebaran, Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

18 April 2024 - 10:08

Trending di Berita Daerah