Menu

Mode Gelap

Nasional

Wabup Tapsel Hadiri Rakernas dan Lokakarya Perhiptani


					Wabup Tapsel Hadiri Rakernas dan Lokakarya Perhiptani Perbesar

Madinapos.com – Jakarta. 

Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel H Aswin Efendi Siregar menghadiri Rapat Kerja Nasional dan Lokakarya Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) yang bekerjasama dengan Yayasan Bina Profesi Penyuluh (YBPP) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Adapun tema yang diangkat “memantapkan peran perhiptani dalam percepatan pengembangan kelembagaan ekonomi petani untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani”.

Gubernur Kalimantan Timur selaku Ketua Umum DPP Perhiptani Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si dalam sambutannya mengatakan, penyuluh pertanian harus memiliki semangat juang, dinamis dan mampu berinovasi dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi di sektor pertanian. Penyuluh sebagai pendamping para pelaku utama (petani/nelayan) harus mampu mencari solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan serta memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri.

“Penyuluh selayaknya juga harus memiliki semangat juang yang kuat dan dinamis serta berinovasi sehingga mampu menjawab tantangan dan perubahan,” kata Isran.

Sedangkan Wabup Tapsel H Aswin Efendi Siregar yang juga selaku Wakil Ketua DPD Perhiptani Provinsi Sumatera Utara menjelaskan, kondisi dan kegiatan sektor pertanian saat ini banyak menghadapi tantangan dan permasalahan bahkan perubahan-perubahan. Maka itu kemampuan atau semangat juang menjadi modal besar bagi penyuluh untuk maju serta melakukan tugas pokoknya dalam pendampingan bagi pelaku utama dan pelaku usaha.

“Kemampuan berinovasi atau melakukan terobosan-terobosan agar permasalahan yang dihadapi tidak saja didapati solusinya tetapi mampu meningkatkan produksi dan produktivitas usaha pertanian. Penyuluh menjadi contoh di lingkungannya terutama maju dalam usaha pertanian sehingga membangkitkan semangat dan jiwa kewirausahaan,” ujarnya.

Rakernas Perhiptani juga menggelar lokakarya yang bekerjasama dengan Yayasan Bina Profesi Penyuluh (YBPP) dengan narasumber Profesor Dr Bungaran Saragih dan Badan Penyuluh Pertanian Kementan. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari (29 sampai 30 Oktober 2019) diikuti pengurus DPW Perhiptani dan stakeholders di seluruh Indonesia. (Humas dan Protokol Tapsel/Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 130 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Salurkan Anggaran Pilkada 2024 Hingga 100 Persen, Sumut Raih Penghargaan Kemendagri

15 Juli 2024 - 21:55

Bupati Madina Hadiri Penyerahan LHP LKPP Tahun 2023 di Jakarta

9 Juli 2024 - 04:04

Pemko Padangsididimpuan Dalam Karnaval Budaya Nusantara di Rakernas APEKSI XVII 2024

7 Juni 2024 - 09:43

Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Rakornas Ibu Kota Nusantara

16 Maret 2024 - 10:14

Kunker Presiden Jokowi di Palas, Lafalkan Pancasila, Sodikin Hasibuan Dapat Hadiah Sepeda

15 Maret 2024 - 16:23

Kunker di Palas, Presiden RI Joko Widodo Tinjau RSUD Sibuhuan

15 Maret 2024 - 16:01

Trending di Nasional