Menu

Mode Gelap

Madina Bisnis

DPC LSM Lira Batahan Apresiasi Transparansi Kopbun Sawit Murni Desa Sinunukan VI


					DPC LSM Lira Batahan Apresiasi Transparansi Kopbun Sawit Murni Desa Sinunukan VI Perbesar

Madinapos.com – Batahan.

Pengurus DPC LSM LIRA Kecamatan Batahan mengapresiasi kinerja Transparansi yang telah dilakukan oleh pengurus Koperasi Perkebunan (Kopbun) Sawit Murni Desa Sinunukan VI Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terhadap pengelolaan Kebun Plasma Kelapa sawit yang bermitra dengan salah satu perusahaan perkebunan di wilayah Pantai Barat Madina,  Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Pengurus DPC LSM LIRA Batahan melalui Camatnya Dafrizal mengatakan penyerahan laporan pembelian TBS Kopbun Sawit murni disepakati akan terus diterima oleh DPC LSM LIRA setiap bulan berjalan, “ini bentuk keseriusan dari Pengurus Kopbun sawit Murni untuk melakukan Transparansi terhadap 405 Kepala Keluarga sebagai Pemilik Kebun Plasma”, ungkapnya Jum’at (4/10)

“Kami juga berharap kepada seluruh Pengurus Koperasi yang bermitra dengan siapa saja terutama dengan perusahan perkebunan baik Swasta maupun BUMN untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Pengurus Kopbun Sawit Murni mengingat kami dari DPC LSM LIRA Kec.Batahan sudah mengidentifikasi siapa – siapa saja Koperasi yang keluar dari prinsip – prinsip perkoperasian dan dalam waktu dekat kami akan surati dinas terkait”,  tambah Dafrizal.

Berdasarkan paparan pengurus,  laporan penjualan TBS Bulan Juli dan Bulan Agustur  2019 yang diberikan oleh pengurus Kopbun Sawit Murni, terjadi kenaikan signifikan teehadap hasil kebun plasma sebelumnya pada bulan juli sebanyak 1.881.640.Kg sedangkan bulan agustus sebesar 2.142.860.Kg. dengan total uang Rp.3.032.618.75. Tiga Milyar Tiga Puluh Dua Juta Tiga Ratus Empat Belas Sembilan Ratus Tujuh Puluh Dua Ribu Koma Dua Puluh Satu Rupiah. Setelah dipotong segala pengeluaran maka dapat dibagikan Rp.2.200.000.- ( Dua Juta Dua Ratus Ribu Rupiah ) sedangkan harga TBS dari awal Bulan Rp.1.373.95. sedangkan diakhir Bulan Rp.1.516.25.

Sri Yanto Sekretaris Kopbun Sawit Murni mengatakan kami terus melakukann transparansi agar kepercayaan pemilik ( Peserta Plasma ) terus bertambah, “kami berterima kasih sekali kepada kawan kawan media dan lsm di kecamatan Batahan yang mau datang serta meneruskan informasi kami baik di dalam lingkunagan lembaganya maupun di media cetak serta social dan kami berharap control social ini terus dilakukan supaya kami jangan lupa diri dalam mengemban amanah ini”, tambah Sri Yanto.

Muslimin, salah seorang anggota kopbun sawit murni yang juga pemilik plasma sangat senang atas kembali meningkatnya produksi TBS serta diikuti dengan naiknya harga TBS, ” tentu saja akan sangat berpengaruh kepada daya beli Anggota mengingat dalam setahun ini terjadi penurunan TBS serta penurunan Harga dan tentu saja tidak terlepas dari keseriusan pengurus dalam mengawal pengelolaan kebun plasma kelapa sawit ini, dan kita berharap kepercayaan ini harus terus ditingkatkan lagi supaya petani plasma benar benar makmur”,  tambah Muslimin. (Topen)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pengurus KUD Pasar Baru Salurkan SHP April 2024

21 Mei 2024 - 22:59

KUD Maju Bersama Bagikan SHU 777 Peserta

10 Mei 2024 - 11:42

Anggota KUD Kuala Tunak Tabuyung Minta Pengurus Transparan Selama Menjabat 2022 – 2023

30 April 2024 - 14:21

Harga Daging di Pasar Sinonoan Tinggi, Repden Madina : Jelang Lebaran 1445 H Kita Tekan

11 Maret 2024 - 16:00

Harga Daging Kerbau dan Lembu Tinggi, Sebagian Pembeli di Pasar Sinonoan Beralih Ke Ayam Potong

11 Maret 2024 - 09:32

1 H Jelang Ramadhan 1445 H, Harga Daging di Kabupaten Madina Kisaran Rp. 170 Ribu Perkilo

11 Maret 2024 - 08:47

Trending di Madina Bisnis