Menu

Mode Gelap

Desa Kita

Ciptakan Peluang Usaha Rumah Tangga,  Desa Pagur Adakan Pelatihan Pembuatan Tempe


					Ciptakan Peluang Usaha Rumah Tangga,  Desa Pagur Adakan Pelatihan Pembuatan Tempe Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan Timur.

Desa Pagur Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal  Sumatera Utara melaksanakan  pelatihan pembuatan tempe kepada ibu rumah tangga. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih  dan menciptakan peluang usaha bagi ibu rumah tangga dan agar bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya Desa Pagur.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Indra Sudana saat pelatihan yang diselenggarakan sejak Senin hingga Kamis (23-26/9) lalu dan acara ini juga turut hadir dari kantor Kecamatan Panyabungan Timur yang di wakili  Muhammad Nasar dan Kabid Perindustrian Rahmad Hidayat beserta tokoh desa lainnya.

Kades juga menyampaikan kepada peserta, pelatihan ini bisa memberikan dampak yang positif bagi kalangan masyarakat Desa Pagur,” dengan kemandirian nantinya harga tempe di desa ini bisa lebih terjangkau”, ujarnya Kamis (26/9)

Lanjut Kades menjelaskan “bahwa dana pemberdayaan ini bersumber dari DD TA 2019, saya berharap kepada peserta pelatihan pembuatan tempe agar bisa serius dalam mengikutinya”,tutupnya.

Dalam kegiatan ini Kabid perindustrian Rahmad Hidayat merupakan salah satu Narasumber dalam pembuatan tempe ini,  dalam pantauan wartawan Madina pos, Rahmad Hidayat mengarahkan para peserta yang terbagi dua kelompok, setiap kelompok beranggotakan 25 peserta yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara serta anggota, sehingga pembelajaran bisa lebih efektif.

Setelah selesai kegiatan ini, semua peralatan  pembuatan tempe, akan di bagikan kepada dua kelompok ini, dan pertanggung jawaban peralatan ada pada tiap ketua kelompok.

Ketua kelompok peserta Nurhabibah mengatakan Acara ini sangat positif dan ini yang kami butuhkan kan, karena kebutuhan tempe merupakan salah satu makanan favorit, di samping harga murah namun kandungan gizi tinggi serta rasa yang enak, ” berharap kedepannya kami bisa mandiri dalam pembuatan tempe. Dan mempunyai penghasilan selain dari hasil pertanian”, ucapnya. (Paisal)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 102 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Manfaatkan Dana Desa 2024, Pemdes Singkuang ll Bangun Jalan Lingkungan

16 Mei 2024 - 22:56

Sosialisasi Jaksa Garda Desa, Cabjari Natal : Kenali Hukum, Jauhi Hukuman

15 Mei 2024 - 19:36

Warga Tanjung Sialang Gotroy Perbaiki Sanitasi Air Menuju Mesjid

15 Mei 2024 - 19:19

Usai Panen Padi, Petani 5 Desa Siabu Bayar Nazar Santunan Anak Yatim

12 Mei 2024 - 17:49

Kapolsek MBG Narasumber Sosialisasi Penyuluhan Hukum Tingkat Desa

8 Mei 2024 - 23:35

Hakim Lubis Nahkodai Karang Taruna Kayu Jati Priode 2024 – 2029

27 April 2024 - 14:49

Trending di Desa Kita