Berita Daerah

Konsolidasi dan Sosialisasi Organisasi Pengembangan Pelestarian Adat Budaya Mandailing Natal

Madinapos.com – Panyabungan.

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Konsolidasi dan Sosialisasi Organisasi Pengembangan Pelestarian Adat Budaya Mandailing Natal, di Aula Hotel Madina Sejahtera Panyabungan, Sabtu (14/09/2019).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Plt Sekda Madina Sahnan Batubara yang juga dihadiri oleh Kadis Pendidikan, Kadis Kominfo, Kadis Sosial dan forum pelestarian adat budaya serta Undangan lainnya, Puluhan peserta Yang Mengikuti Kegiatan antara lain para tokoh-tokoh adat Se Mandailing Natal, dengan menghadirkan Narasumber Bakhsan Parinduri Sejarawan Kebudayaan Sumatera Utara.

Pidato Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution Yang Dibacakan Plt Sekda Madina Sahnan Batubara menyampaikan, Kegiatan Konsolidasi dan Sosialisasi Organisasi Pengembangan Pelestarian Adat Budaya Mandailing Natal yang kita laksanakan pada hari ini langkah yang tepat mengkaji permasalahan dan mencari solusi untuk kemajuan dan penguatan Adat Budaya kita kedepan.

Gordang Sambilan Saat Ini Telah Tumbuh dan Berkembang di Kalangan Masyarakat Kita, Bahkan Sudah Dikenal di Tingkat Nasional Maupun Internasional, Seperti baru-baru ini Kita Mendapatkan Prestasi Penghargaan Rekor MURI tingkat Internasional.

“Dalam hal ini saya meminta kepada jita agar kegiatan ini mampu menghasilkan keputusan bersama Tokoh Adat, Budayawan dan yang lainnya, tentang sejarah dan standarisasi Musik Perkusi Gordang Sambilan sebagai acuan dan pedoman dalam program pengembangan kedepan.”ungkapnya.

Lanjut Sahnan, Dalam Hal ini Juga Tidak Kalah Penting Membahas Dan Menetapkan Ornamen Mandailing Natal yang akan menjadi pintu warna pemersatu kebudayaan yang bernuansa Kebhinnekaan, sebagai ciri khas yang akan kita nasyarakatkan keseluruh Wilayah Mandailing Natal “ujarnya (Syahren)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts