Berita Daerah

Wagubsu di Sambut Masyarakat Natal dengan Pemberian Gelar Adat, “Sutan Rajo Rangkayo Basa”

Madinapos – Natal

Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara  H. Musa Rajekshah, M.Hum hadiri  Peringatan TahunBaruIslam 1441 H besertaUstadzAbdul Somad ( UAS ) di Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal yang disambut dengan begitu antusias dan meriah serta memberikan gelar adat  “Sutan Rajo Rangkayo Basa” di Mess Pemprovsu Natal (10/09)

Pemberian gelar adat sendiri dilakukan olehLembaga Adat Natal yang diawali dengan proses pemakaian baju adat natal berupa pakaian Marakpule (Pengantin Pria) yang dipakaikan oleh Bapak Datuk Asrul, Bapak Yusran, dan Daflan mewakili Ninik Mamak Natal.

Setelah prosesi pemakaian baju marakpule Wagubsu atau yang biasa disapa dengan Ijeck  diarak dengan iringan Dikir(Alat Musik Tradisional Natal)  dan di iringi oleh Barisan Pasumandan dari depan Kantor Polsek Natal menuju Mess Provinsi Natal.

Sampai di Mess Provinsi Natal Bapak Wakil Gubernur (Ijeck)  langsung dipersilahkan duduk di Tampek  ( Tempat ) yang sudah disediakan panitia dan diteruskan dengan proses pertama berupa acara Tapung Tawa dan Upah-Upah sekaligus pembacaan Surat KeputusanGelar adat oleh Bapak Riswan Chadrin (Ketua Ikapennas), dan ditanda tangani oleh H. Misdar (Ketua Lembaga Adat)

Setelah seluruh proses pemberian Gelar Adat, Ijeck kemudian di daulat memberikan sepatah kata yang tentunya setelah menerima Gelar Adat.“ Kepada seluruh ninik mamak natal saya ucapkan terima kasih atas pemberian gelar yang terhormat, kedatangansayakenatal sedianya pada tanggal 31 Agustus yang lalu, namun karena tugas dan beberapa kesibukan saya ahirnya baru hari ini saya dapat hadir dan menjadi sangat dimuliakan dengan pemberian Gelar Adat ini “. Dibagian ahir Ijeck juga menyampaikan bahwa Natal mempunyai kedekatan emosional dengannya. “ Dan ketika hari ini saya mendapat Gelar Adat yang luar biasa ini tentunya semakin menegaskan kedekatan saya dengan seluruh masyarakat Natal. Dan seperti yang kita saksikan Bersama bahwa di hari yang istimewa ini, saya menyertakan Sahabat Saya, keluarga saya, Saudara Kita Ustadz Abdul Somad untuk Bersama kita membesarkan dan mengagungkan Tahun Baru Islam Bersama kita semua di Natal ini ”.

Acara Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H ini sendiri dihadiri oleh Camat Natal Rivlan, Muspika, Lembaga Adat dan ribuan masyarakat yang memadati Lapangan Merdeka Natal. (R-040)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts