Desa Kita

Penggunaan DD T. II 2019 Desa Rumbio Sesuai Peraturan dan Kesepakatan Warga, Prioritas BUMDES

Madinapos.com – Panyabungan Utara.

Dana Desa Tahap ll Tahun 2019 Desa Rumbio Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara berjalan sesuai program yang telah disepakati sejak awal oleh Pemerintahan Desa dengan masyarakat. Sesuai dengan Peraturan Kemendes diprioritaskan termasuk dalam hal ini untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), pembangunan fisik drainase yang sedang berjalan, pemberdayaan  dan penguatan ekonomi masyarakat kemudian pembuatan jalan pertanian dan pengerasan jalan desa.

Hal ini disampaikan Kades Rumbio Khairul Anwar Hasibuan S. IP kepada Madinapos Sabtu (31/8/2019) lalu. “Untuk prioritas kami dari Dana Desa di tahun 2019 ini, khusus untuk bumdes dananya kita anggarkan sekitar 40% seperti pembelian mesin pakan dan permodalan”, lanjutnya.

Kades juga menjelaskan Bumdes ini nanti dimasukkan dana untuk pengolahan pembibitan oleh beberapa kelompok,” itu murni bumdes yang menguasai, pakan kita siapkan sampai manajemen pemasaran ikan”, lanjutnya.

“Selain itu tahun ini juga kita akan membuka Bank Desa dalam bentuk Bumdes, kita kerjasama dengan Bank BRI yang saat ini sudah kita tanda tangani MoU, dimana seruluh simpanan dana nantinya akan dimasukkan ke bank desa dan dari itu kita juga akan mendapatkan fasilitas ATM mini, dengan tujuan agar mempermudah perekonomian warga desa. Inilah visi misi kami dengan tujuan desa kami akan menjadi suatu desa produsen”, ungkap Kades.

Kades juga mengakui anggaran Dana Desa yang dikucurkan selama ini mempercepat laju pertumbuhan pembangunan, “Terkait dengan adanya anggaran dana desa yang diluncurkan pemerintah ke desa kami khususnya percepatan pembangunan cukup signifikan bila dibanding dengan sebelum adanya dana desa ini”, tutupnya. (Syahren)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts