Menu

Mode Gelap

Wisata

Sampuran Pagaran Gala Gala, Pesona Air Terjun Tersembunyi di Panyabungan Selatan


					Sampuran Pagaran Gala Gala, Pesona Air Terjun Tersembunyi di Panyabungan Selatan Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan Selatan.

Tak hanya kaya dengan hasil pertanian dan perkebunan,  Kecamatan Panyabungan Selatan Mandailing Natal Sumatera Utara ternyata masih menyimpan salah satu pesona wisata yang tersembunyi dibalik rerimbunan hutan alam dan perladangan masyarakat yang masih asri. Warga banyak menyebutnya Sampuran Pagaran Gala Gala,  sebuah air terjun dengan ketinggian 20 Meter menyeruak dibalik rerimbunan pohon rindang dengan karakteristik air yang jernih dan dingin.

Awak Madina Pos yang mengunjungi lokasi tersebut dengan Kepala Desa Pagaran Galagala Ahmad Sadad Lubis Selasa (27/8) lalu,  menemukan lokasi ini memang masih sangat asri,  akses jalan yang masih sederhana dan di lokasi tersebut belum terdapat fasilitas pendukung pariwisata. Jika dari Ibukota Mandailing Natal pengunjung dapat menumpang angkutan kota menuju ibu kota Kecamatan dan dari pinggir jalan umum akan berjalan 600 meter menuju lokasi.

Atau, Jarak dari Kota Panyabungan ke Desa Pagaran Gala Gala sekitar 20 km meter, bagi anda yang menggunakan mobil pribadi atau angkot hanya bisa sampai jembatan Simpang Tiga Desa, Selanjutnya berjalan kaki atau menaiki sepeda motor sekitar 600 meter ke lokasi air terjun..

Kades Ahmad Sadad Lubis bercerita bahwa di Desa Pacaran Gala Gala ada 2 Air Terjun dan saling berdekatan,  airnya sangat sejuk yang mengalir melewati Taman Nasional Batang Gadis (TNBG),” biasanya warga yang berkunjung kemari memanfaatkan mengunjungi keduanya untuk mandi ria bersama keluarga dan berswafoto”, ungkapnya.

“Beberapa waktu lalu lokasi ini mulai kita tata dengan baik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan,  seperti jalan dan pembersihan area sehingga menimbulkan kenyamanan kepada pengunjung”, tambahnya.

Kades juga menyampaikan bahwa Pemerintahan Desa Pagaran Gala Gala akan terus mendukung program pengembang pariwisata di daerah ini, ” mudah-mudahan akan segera kita benahi dan realisasikan sarana pendukung pengembangan lokasi wisata ini,  namun tentunya akan kita lakukan secara bertahap yang dimulai di tahun 2020 ini dengan menggunakan Dana Desa”, sebutnya.

Terakhir,  Kades berharap kepada pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata untuk mendukung program pengembangan pariwisata Air Terjun Pagaran Gala Gala ini agar lebih baik lagi dan menambah pemasukan bagi masyarakat yang mengelola objek ini. (Syahren)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Lebaran H + 3, Objek Wisata Pantai Kahona Desa Rumbio Dipadati Pengunjung

12 April 2024 - 23:04

Kunjungi Batu Ruso, Kabag Ops Polres Madina Harapkan Kehadiran Petugas Ciptakan Rasa Aman Pengunjung

12 April 2024 - 15:39

Libur Lebaran 2024, Wisatawan Luar Daerah Dominasi Kunjungan di Pantai Batu Badaun

11 April 2024 - 23:01

Aman dan Kondusif, Polsek Mbg Pantau Kondisi Wisata Pantai di H + 2 Lebaran 2024

11 April 2024 - 22:46

Berkunjung di Rest Area TNBG Sopotinjak, Jika Beruntung Bisa Melihat Rusa Merumput

12 November 2023 - 17:41

Kemendes PDTT Teken Kerjasama Pengembangan Wisata Pastab Julu

19 Oktober 2023 - 15:01

Trending di Wisata