Berita Daerah

Penampilan Reog Ponorogo di Lapangan Merdeka Natal, Memukau Penonton

Madinapos.com – Natal

Dalam rangka memeriahkan HUT- RI 74, mengisi pentas hiburan rakyat setelah pelaksanaan detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera, Desa Suka Maju Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara Sabtu (17/8) siang turut menampilkan kesenian tradisional legendaris yakni Reog Ponorogo. Penampilan dari warga Natal turunan Ponorogo ini mendapat aplaus dan memukau penonton yang mengililingi Lapangan Merdeka Natal dan disaksikan Camat dan Seluruh Unsur Muspika Kecamatan Natal.

Berawal dari prosesi penjemputan Camat Natal Riplan S. Sos beserta ibu yang mengenakan pakai Melayu, diarak menuju tempat penampilan dan dibelakang penari reog yang gemulai mengiringi langkah dan ada sosok warok dan gemblak, sosok yang ikut tampil berjalan dan diiringi musik tradisional asal Jawa Timur bagian barat-laut ini.

Setelah penampilan yang memakai waktu lebih kurang tiga jam bersama penampilan lainnya, Camat Natal kepada media ini menyampaikan panitia HUT Kemerdekaan RI 74 Kecamatan Natal mencoba mengangkat atau mengeksplor seluruh kesenian tradisional yang ada dan berkembang di masyarakat Natal.

“Ini sengaja kita coba mengeksplor kesenian dan budaya yang ada di Natal sehingga dapat menghibur masyarakat kita, khususnya di Pantai Barat terutama di Kecamatan Natal, ada beberapa kesenian dan budaya yang layak kita tampilkan sebagai mana kita lihat ada Reok dari Ponorogo yang dimainkan oleh warga Desa Suka Maju, Kemudian setelah ini ada juga Sinduang, yang juga merupakan khas dan kesenian budaya yang ada di Kecamatan Natal”, ungkap Riplan.

“Selanjut, nanti diharapkan melalui Pemerintahan Desa dan Kelurahan agar menganggarkan program pelatihan seni dan budaya guna menghidupkan kembali seni dan budaya yang ada disekitar kita seperti dikir, tari-tarian dan lainnya melalui anggaran Dana Desa dan Kelurahan”, lanjut Camat.

Selain Reok Ponorogo,  hiburan rakyat seni dan budaya juga ditampilkan oleh masyarakat Desa Setia Karya Natal berupa “Sinduang” di Lapangan Merdeka Natal dan masyarakat nampak terhibur, Penampilan Seni dan Budaya ini dilaksanakan usai Upacara Pengibaran Bendera Pukul 14.00 Wib hingga menjelang upacara penurunan bendera. (R-040)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts