Berita Daerah

Kesenian Sinduang Turut Meriahkan HUTRI Ke – 74 di Kecamatan Natal, Penonton Sangat Terhibur

Madinapos.com – Natal

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke – 74, group kesenian budaya Sinduang dari Desa Setia Karya Kecamatan Natal turut berpartisipasi memberikan hiburan bagi masyarakat yang berkumpul dipinggir jalan saat karnaval hingga melaksanakan hiburan rakyat di Lapangan Merdeka Natal,  Mandailing Natal Sumatera Utara Jumat – Sabtu (16-17/08) lalu.

Sinduang sendiri adalah kesenian masyarakat Natal berupa satu bentuk beruang-beruangan yang terbuat dari ijuk dan menari-nari bersama dengan beberapa dayang-dayang dan noni-noni sehingga menimbulkan karakter lucu yang mengundang gelak tawa penonton. Selain itu,  sekelompok kesenian Sinduang itu sendiri dimainkan oleh laki-laki dengan berbagai ragam busana. Biasanya,  setiap group Sinduang mendekat maka penonton yang merasa terhibur akan memberikan saweran.

Camat Natal Riplan S.Sos yang juga tertawa melihat tingkah lucu Siduang dan pendampingnya turut juga memberikan saweran,  dikatakannya bahwa Panitia HUT RI 74 Kecamatan Natal memang kali ini mencoba menggali kembali berbagai kesenian khas daerah untuk ditampilkan di HUT Kemerdekaan RI ke 74 ini, ” kita berharap di moment seperti ini kita bersama masyarakat dapat menyaksikan kembali beragam kesenian dari daerah kita khususnya seperti Sinduang yang memang sangat jarang ditampilkan”, ungkapnya.

“Kedepan sangat kita harapkan agar Pemerintahan Desa ataupun Kelurahan dapat menyediakan anggaran bagi pelestarian kesenian daerah masing-masing sehingga kesenian tradisional inibterus bertahan dan mendapat tempat dihati masyarakat”, sebutnya.

Salah seorang penonton,  Maya yang menyaksikan hiburan rakyat di Lapangan Merdeka Natal ini mengatakan sangat terhibur, ” seluruh rangkaian kesenian rakyat yang ditampilkan membuat kita sangat terhibur dan bahkan enggan pulang hingga seluruh proses kesenian selesai semuanya”, sebutnya. (R. 040)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts