Menu

Mode Gelap

Madina Bisnis

Kelompok Pengrajin Anyaman Daun Pandan Desa Malintang Butuh Dukungan Modal dan Promosi


					Kelompok Pengrajin Anyaman Daun Pandan Desa Malintang Butuh Dukungan Modal dan Promosi Perbesar

Madinapos. com – Malintang.

Kelompok pengrajin anyaman daun pandan di Desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal,  Sumatera Utara yang di dominasi kaum hawa ini menjadikan kegiatan menganyam pandan menjadi berbagai produk kerajinan tangan sebagai sebuah tradisi turun temurun dan keahlian tersebut dapat menambah penghasilan keluarga. Produk kerajinan kelompok ini masih perlu dukungan modal dan promosi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal agar lebih berkembang dan semakin dikenal masyarakat luas.

Ditemui awak media ini, Israwati selaku ketua kelompok pengrajin anyaman pandan di kediamannya mengatakan ibu-ibu di desanya audah terbiasa membuat anyaman Pandan ini, ” disela waktu yang luang sehabis berladang atau saat waktu kosong,  ibu-ibu di desa ini biasa berkumpul dan smbil bercerita mereka menganyam Pandan ini atau terkadang dibawa kerumahnya”, tuturnya Sabtu (20/7)

“Beberapa jenis anyaman yang dihasilkan diantaranya tikar Langkat,  tas, bantal kursi, tempat beras, tempat dodol, hiasan dinding, tudung /topi, tempat tisu, tempat sirih, tempat aqua dan masih banyak lagi yang lainnya dan sesuai permintaan konsumen”,lanjut Isra.

Isra menambahkan bahwa bahan pembuat anyaman ini masih banyak didesa mereka namun sudah tidak dikembangkan lagi, ” selain Pandan yang tumbuh di desa ini ada juga kebutuhan lainnya seperti kain baldu atau kain tetron, manik manik, benang wol, tali plastik, jarum jait, gunting, metet dan lem atau sesuai kebutuhan saja”, sebutnya.

Isra juga mengatakan bahwa mereka lebih kurang sudah 15 tahun menggeluti usaha ini  namun sampai saat ini belom ada perkembangan berarti untuk lebih maju lagi,” yah masih seperti ini karena kurangnya modal untuk bahan baku yang berkualitas tinggi dan masih rendahnya dukungan promosi”, ungkapnya.

Diakhir wawancara Kelompok penganyam daun pandan ini berharap kepada pemerintah Mandailing Natal, diera percepatan pembangunan ini dapat memberi dukungan kepada mereka untuk lebih berkembang lagi, ” tentunya sekarang ini kami sangat berharap dukungan kepada pemerintah daerah untuk memperluas pasar produk ini,  khususnya kepada pemerintahan desa malintang agar kiranya dapat membantu perkembangan usaha pengrajin anyaman pandan ini, baik itu berupa modal, karena kami butuh modal untuk pengadaan bahan baku”,harap Israwati. (Anwar Nasution)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 117 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

KUD Maju Bersama Bagikan SHU 777 Peserta

10 Mei 2024 - 11:42

Anggota KUD Kuala Tunak Tabuyung Minta Pengurus Transparan Selama Menjabat 2022 – 2023

30 April 2024 - 14:21

Harga Daging di Pasar Sinonoan Tinggi, Repden Madina : Jelang Lebaran 1445 H Kita Tekan

11 Maret 2024 - 16:00

Harga Daging Kerbau dan Lembu Tinggi, Sebagian Pembeli di Pasar Sinonoan Beralih Ke Ayam Potong

11 Maret 2024 - 09:32

1 H Jelang Ramadhan 1445 H, Harga Daging di Kabupaten Madina Kisaran Rp. 170 Ribu Perkilo

11 Maret 2024 - 08:47

Pengurus KPBML Batahan III Gelar RAT Tahun Buku 2023, Sekaligus Pembagian Pinjaman

8 Februari 2024 - 10:28

Trending di Madina Bisnis