Berita Daerah

DPD KNPI MADINA Kunjungi PT SMGP / KS ORKA, Sampaikan Kritikan dan Bahas Penyerapan Tenaga Kerja

Madinapos. com – Panyabungan. 

Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Mandailing Natal ( DPD KNPI KAB MADINA ) mengunjungi PT Sorik Marapi Geothermal Power ( PT SMGP )/ KS ORKA pada Rabu (10/07/2019) lalu. Pertemuan antara Ketua DPD KNPI Kab MADINA Onggara Lubis dengan GM Project PT SMGP/KS ORKA Teri Satria Indra membahas tentang prospek peluang kesempatan Kerja bagi Putra Daerah di Perusahan Pembangkit Listrik tenaga panas bumi yang beroperasi di Kabupaten Mandailing Natal tersebut dan menyampaikan beberapa kritikan tentang kebijakan perusahaan.

Kedatangan Orang Nomor Satu di Wadah Kepemudaan KNPI Madina tersebut di sambut dengan baik oleh CDCR/ Humas PT SMGP/KS ORKA Ade Roby dan Adi Batu Bara dan Kepala Security PT Nawakara Amrizal.
di Aula Rapat PT SMGP/KS ORKA

Pada kesempatan tersebut Onggara Lubis mengutarakan kekesalannya atas banyaknya putra daerah yang sekarang telah di keluarkan dari PT SMGP / KS ORKA dan menyampaikan harapannya agar Pihak Managemen PT SMGP/ KS ORKA lebih transparan terkait peluang kesempatan Kerja bagi Putra Daerah Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam Kesempatan tersebut Onggara Lubis juga mengapresiasi PT Nawakara Securiti yang telah memberdayakan Putra Daerah sebagai tenaga keamanan.

Onggara juga mengatakan DPD KNPI Kab MADINA siap bersinergi dengan PT SMGP/ KS ORKA terkait pengadaan Tenaga Kerja yang di Butuhkan, ” Kita Sudah belajar dari kelengahan di masa lalu, Sekarang DPD KNPI Kab MADINA sudah membenahi diri dengan mempersiapkan diri untuk ikut bersaing dalam berkarya di PT SMGP/ KS ORKA, Kita sudah siapkan beberapa jasa usaha yang siap bersinergi dengan PT SMGP/ KS ORKA seperti Usaha bidang Jasa Car Rental, Jasa Pengadaan Barang makanan, Jasa Penyaluran Tenaga Kerja”,  sebut Onggara

Terkait penyampaian Onggara Lubis, GM Project Teri Satria Indra memberikan tanggapan tentang perekrutan Tenaga Kerja semuanya di tentukan oleh Pihak Perusahan PT SMGP/ KS ORKA yang berada di Shanghai China,” bukan dari Jakarta saja untuk kebutuhan di PT SMGP/ KS ORKA yang terletak di Desa Purba Lamo Kecamatan Lembah Sorik Marapi  Madina saja harus pesan melalui Jakarta”,  ungkapnya

Teri Indra Juga mengatakan Jika dirinya tidak memiliki kewenangan untuk mengambil kebijakan di PT SMGP/ KS ORKA di Desa Purba Lamo Kecamatan Lembah Sorik Marapi Madina.” hingga saat ini PT SMGP/ KS ORKA masih belum mampu membayar beberapa tunggakan pembayaran kepada Perusahaan kontraktor yang memberikan jasa pengadaan dan jasa tenaga kerja”, sebutnya.

Teri Indra juga menjelaskan bahwa sekarang ini Perusahaan Pembangkit Listrik tenaga Panas Bumi ini telah memproduksi Listrik sebesar 15 MW yang telah di salurkan ke PT PLN secara gratis.

Kemudian Onggara Lubis juga mempertanyakan dugaan banyaknya tenaga kerja yang berada di PT SMGP/ KS ORKA yang tidak terdaftar di Disnaker Mandailing Natal sehingga di sangsikan apabila terjadi hal yang tidak di inginkan maka di yakini hak – hak mereka sebagai pekerja tidak akan ada tersahuti begitu juga terkait Konpensasi Penggunaan Tenaga Kerja Asing ( TKA ) yang ada.

Teri Indra mengatakan tidak mengetahui hal itu,” semua kebijak dan keputusan di ambil oleh pihak Managemet di Jakarta dan Shanghai China, dia hanya melaksanakan di Lapangan”,  sebut Teri Indra GM Project PT SMGP/ KS ORKA

Dari pertemuan itu Onggara Lubis  menyarankan sebaiknya PT SMGP/ KS ORKA yang berada di Desa Purba Lamo Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal sebaiknya di pindahkan saja ke Jakarta dan jangan ada lagi aktivitas di Kabupaten Mandailing Natal. Onggara juga mengatakan dalam waktu dekat ini DPD KNPI Kab Madina akan segera melakukan aksi untuk menghentikan Kegiatan PT SMGP/ KS ORKA yang di nilai kurang memiliki kebijakan terhadap penanganan pengangguran di Kabupaten Mandailing Natal. (Syahren)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts