Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Mencintai Pantai, Komunitas Ancak Batahan dan MRI-ACT Lakukan Aksi Bersih-Bersih Pantai Mess Batahan


					Mencintai Pantai, Komunitas Ancak Batahan dan MRI-ACT Lakukan Aksi Bersih-Bersih Pantai Mess Batahan Perbesar

Madinapos.com – Batahan.

Komunitas Ancak Batahan bersama MRI ACT (Masyarakat Relawan Indonesia – Aksi Cepat Tanggap) melakukan aksi bersih-bersih pantai Mess Batahan Jum’at (14/6/2019). Kegiatan tersebut berawal dari banyaknya tumpukan sampah yang berserakan disepanjang pantai mess Batahan yang sudah lama menumpuk dan terkesan dibiarkan begitu saja. Hal ini membuat pantai terlihat kumuh, kotor sehingga menutupi keindahan pantai pasir putih yang eksotik diwilayah Pantai Barat Kabupaten Mandailing Natal,  Sumatera Utara ini.

Bambang Arjuno selaku Ketua Komunitas Ancak Batahan mengatakan selaku anak muda terlepas dari golongan dan status sosial kita sebagai apa, maka sudah sepantasnya kita merawat dan melestarikan pantai yang menjadi titipan alam bagi manusia, tak terkecuali pantai Batahan.

Bambang juga menyampaikan pendanaan aksi bersih pantai ini, dilakukan dengan cara mengumpulkan donasi dari masyarakat dengan cara mengamen,” dari tiap-tiap rupiah itulah kami kumpulkan dan kami belikan segala sesuatunya yang menjadi kebutuhan aksi ini. Setelah pantai bersih, lokasi ini dapat digunakan oleh siapa saja dan darimana saja. Dengan catatan bukan dimanfaatkan untuk mencari keuntungan dan tentu saja harus menjaga kebersihan pantai selama melakukan kegiatan disini”, ungkapnya.

Salah satu peserta aksi Syahbandi menyampaikan, ia mengaku senang ada kegiatan positif seperti ini. Awalnya ia mendapatkan informasi ini dari media sosial, dan dari sanalah ia merasa terpanggil untuk iku serta dalam kegiatan bersih pantai itu.

Syahbandi yang juga Seorang Relawan MRI-ACT (Masyarakat Relawan Indonesia – Aksi Cepat Tanggap), aksi peduli lingkungan ini mengatakan kegiatan ini sejalan dengan tujuan organisasi,”Kami dikerelawanan bukan hanya turun di saat terjadi bencana akan tetapi juga sebelum bencana itu terjadi atau yang biasa kita sebut juga dengan Mitigasi Bencana. Aksi ini bukan saja dalam rangka membersihkan pantai dari tumpukan sampah yang menumpuk tetapi juga dilakukan penanaman pohon disepanjanag garis pantai”, sebutnya.

Ia berharap kedepannya pantai Mess Batahan bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang akan dikunjungi, ditambah lagi Kecamatan Batahan yang akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Ia berharap pemerintah dapat juga mempertimbangkan sektor Parawisata disamping sektor Indusrti Kelapa Sawit yang akan di buat.

Kegiatan aksi bersih pantai ini diikuti lebih dari ratusan peserta mulai dari anak-anak hingga dewasa. Aksi ini dilakukan pada Jum’at pukul 14.00 WIB hingga menjelang matahari terbenam, terlihat para peserta sangat antusias didalam melakukan aksi kali ini. Dengan menggunakan alat yang sederhana seperti Sapu Lidi dan Angkong. Para peserta aksi sangat menikmatinya. aksi Bersih pantai kali ini mengangkat Tema “Batahan Ancak” (Keindahan Batahan).(R. Alqaf)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

272 Calhaj Palas Berangkat Dari Bandara Kualanamu Medan, 1 Gagal Karena Sakit

24 Mei 2024 - 07:16

Pemerintah Kabupaten Turunkan Alat Berat Perbaiki Tanggul Jebol di Tanggabosi, Siabu

23 Mei 2024 - 14:28

Uang Kotak Infak dan Santunan Anak Yatim di Mesjid Al Ihsan Mompang PG Dicuri Maling

23 Mei 2024 - 14:13

Air PDAM Tirta Madina Menuju Komp. Cemara Asri Mampet, Warga : Tagihan Lancar

23 Mei 2024 - 13:58

Polres Madina dan BPJS Kesehatan Sosialisasikan Program JKN Bagi Personil Peserta BPJS

22 Mei 2024 - 18:09

Desa dan Kelurahan se Kecamatan Panyabungan Gelar Gotong Royong Serentak

22 Mei 2024 - 14:34

Trending di Berita Daerah