Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Peringati Hari Bumi 22 April, Wabup Tapsel Tanam Pohon di Area Site Project Sipirok


					Peringati Hari Bumi 22 April, Wabup Tapsel Tanam Pohon di Area Site Project Sipirok Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Memperingati Hari Bumi 2019 yang jatuh setiap 22 April, Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Aswin Efendi Siregar mewakili Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu melakukan penanaman pohon penghijauan di Area Site Project Sipirok. Dalam sambutannya mengatakan, Hari Bumi (Earth Day) merupakan hari pengamatan tentang bumi yang diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet bumi yang menjadi tempat tinggal kita.

Penanaman pohon dipimpin Wakil Bupati Tapsel H Aswin Efendi Siregar, serta dihadiri Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto, SIP, Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH, Wakil Rektor III UMTS Syawaluddin, SP, M.Si, pimpinan OPD, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Camat Sipirok Sarbin Hasibuan, Raja Luat Sipirok, Raja Luat Marancar, Direktur Eksekutif LSLI, Ketua DPD KNPI Tapsel Hajrul Aswat Siregar dan para undangan lainnya, Senin (22/4/2019).

“Adapun Hari Bumi dicanangkan pertama kali pada tahun 1970 di Amerika Serikat, dan kini telah diperingati secara global dihampir seluruh belahan bumi, Hari Bumi terinspirasi karena makin berkembangnya kerusakan di muka bumi akibat kegiatan-kegiatan yang tidak berwawasan lingkungan, sehingga dikhawatirkan dapat mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya”, ujar Aswin.

“Oleh karena itu, kita semua berkewajiban untuk menyelamatkan bumi, karena segala sesuatu yang kita butuhkan untuk mempertahankan hidup berasal dari bumi”, lanjutnya.

Untuk itu diperlukan “gerakan revolusi mental” agar dapat merubah sikap kepada hal-hal yang lebih peduli terhadap kelestarian bumi dan keasrian lingkungan hidup, melalui pembelajaran di sekolah-sekolah dan gerakan-gerakan nyata dilapangan.”Saya berharap kepada kita semua, untuk lebih peduli terhadap keselamatan bumi kita ini agar menjadi bagian dari pameran Gerakan Revolusi Mental sebagaimana telah dicanangkan dalam Inpres No. 12 Tahun 2016″, sebutnya.

Lanjut Wabup, saya juga mengucapkan terima kasih kepada PT. NSHE selaku pengelola proyek PLTA Batangtoru yang telah melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Bumi tahun 2019, yang nantinya akan ditanam sekitar 40 pohon disekitar lokasi ini. “Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk dapat mengambil peran dalam upaya penyelamatan bumi khususnya di bumi Tapanuli Selatan yang kita cintai ini”.llanjutnya.

Sebelumnya Vice President of Communications & Social Affairs PT NSHE, Firman Taufick dalam sambutannya mengatakan, saat ini bumi menghadapi ancaman besar berupa perubahan iklim (Climate Change). Ancaman perubahan iklim ini telah makin menjadi kenyataan seperti bencana ekologi, badai yang sering terjadi disejumlah negara begitu juga dengan makin meningkatnya suhu bumi serta perubahan iklim yang sudah tidak menentu.

Perubahan iklim ini terjadi akibat selama ratusan tahun manusia terus menerus melepaskan emisi karbon ke atmosfir dengan menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil seperti batubara, gas bumi dan minyak bumi.”Oleh karena itu untuk mengatasi perubahan iklim adalah dengan menggunakan energi terbarukan seperti PLTA agar dapat mengurangi emisi karbon akibat penggunaan energi fosil, selain itu dengan memperbanyak penanaman pohon seperti pohon Meranti Merah dan Meranti batu sebagai langkah efektif untuk mengurangi emisi karbon dan juga melindungi punahnya species yang ada di hutan ini”, sebutnya.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan komitmen bersama antara PT. NSHE dengan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata/plakat dari PT. NSHE kepada Wabup Tapsel, Dandim 0212/TS dan Kapolres Tapsel.(**)

Sumber : Humas dan Protokol Tapsel**
Editor : Sayuti Pulungan

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj Bupati Palas Serahkan LKPD Tahun 2023 Kepada BPK RI Perwakilan Sumut

28 Maret 2024 - 22:54

Keluarga Besar SUBDENPOM I/2-7 Madina Bagikan Takjil Berbuka Puasa Kepada Masyarakat

28 Maret 2024 - 21:58

Hujan Deras Timbulkan Luapan, Manager PKS PT. HKI : Rembesan Limbah Sudah Ditangani

28 Maret 2024 - 21:49

Wabup Tapsel Berbuka Puasa Bersama Warga di Aek Batang Paya, Sipirok

28 Maret 2024 - 18:06

Pj Bupati Palas Hadiri Rapat Koordinasi Penguatan Sinergi KPK di Medan

28 Maret 2024 - 17:49

Kapolres Madina Pimpin Press Release Ungkap Kasus Narkoba Selama Maret 2024

27 Maret 2024 - 23:53

Trending di Berita Daerah