Menu

Mode Gelap

Politik

Bawaslu Madina Laksanakan Bintek Pengawas TPS dan Saksi Pemilu 2019


					Bawaslu Madina Laksanakan Bintek Pengawas TPS dan Saksi Pemilu 2019 Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal menyelenggarakan Training Of Trainer (TOT) peningkatan kapasitas SDM bagi Fasilitator Panwaslu Kecamatan,  bimbingan tekhnis bagi Pengawas TPS dan Saksi partai politik Pemilu 2019. Kegiatan berlangsung pada Jum’at (22-24/3/ 2019), di Aula hotel Madina sejahtera dengan menghadirkan Narasumber dari Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Divisi Organisasi dan sumber daya manusia Johan Alamsyah dan Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam kegiatan tersebut melibatkan peserta seluruh Komisioner Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Madina dan satu orang staf yang nantinya akan menjadi fasilitator ketika TOT dilaksanakan ditingkat kecamatan. Kegiatan TOT ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pemahaman kepada peserta dalam memberikan pembekalan kepada Pengawas TPS serta saksi parpol pada Pemilu 17 April 2019 kedepan.

Dalam rangkaian acara tersebut, dilakukan simulasi proses Pembentukan TPS hingga penghitungan suara. Hal ini untuk melihat cara dan proses pengawasan dalam pelaksanaan hari H.

“Jadi setiap potensi dan dugaan pelanggaraan yang akan terjadi sudah bisa di deteksi sejak dini, terutama dalam pengawasan yang akan dilakukan oleh Pengawas TPS dilapangan,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Mandailing Joko Arif Budiono Jum’at (22/3/2019)

“Kita harus pastikan jajaran pengawas di TPS memahami persoalan teknis terkait tahapan pemungutan dan penghitungan suara. Paham potensi kerawanan dan ketidaksesuaian prosedur pada tahapan tersebut, serta tindakan yang mesti dilakukan oleh seorang pengawas jika ada kesalahan dan atau pelanggaran yang terjadi,”ujar koordinator divisi Organisasi Bawaslu provinsi Sumatera Utara Johan Alamsyah minggu(24/03/2019).

Akhir penutupan Acara Koordinator divisi hubungan antar lembaga Maklum Pelawi ST berpesan agar apa yg sudah di dapat dalam acara Raker ini bisa di terapkan kepada pengawas di tingkat kelurahan/desa agar Pengawas di TPS kita dibekali dengan maksimal. (Syahren)

Facebook Comments Box
loading...
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Ucapkan Belasungkawa, Kapolsek Batang Natal Serahkan Bantuan Untuk Keluarga Alm. Arhan

23 Januari 2022 - 14:40

Sukheri Berharap Muscab PKB Madina Lahirkan Putusan Cerdas

19 Januari 2022 - 17:48

Muharuddin Umpan Serap Aspirasi Warga Kubangan Tompek Batahan

21 Desember 2021 - 19:21

Zubaidah Nasution Reses Di Hutabargot Lombang

20 Desember 2021 - 19:13

Partai Nasdem Palas Adakan Rapat Konsolidasi dan Feripikasi Internal

29 November 2021 - 07:36

Ketua DPW PAN Sumut : Tangan Dingin Sahrun Hasibuan Bawa Partai PAN Raih 4 Kursi di DPRD Palas

19 November 2021 - 08:47

Trending di Politik