Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati Madina dan Walikota Padangsidimpuan, Sepakat Marsada Hata Dalam Adat dan Budaya


					Bupati Madina dan Walikota Padangsidimpuan, Sepakat Marsada Hata Dalam Adat dan Budaya Perbesar

Madinapos. com – Panyabungan.

Menghadiri acara silaturahmi Raja Adat Mandailing dengan sejumlah Tokoh Masyarakat yang diselenggarakan di Sopo Godang Huta Siantar Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Minggu  (17/2/2019) Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution sepakat dengan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Marsada Hata tentang adat dan budaya.

Dihadapan Raja Panusunan, Turunan ni anak raja raja Mandailing Godang, Mandailing julu, raja raja Torbing Balok tanah ulu dan pesisir dohot anak boruna Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution meminta untuk adat dan budaya tidak usah dipisah pisahkan antara Kabupaten Mandailing Natal dengan Kota Padangsidempuan.

“Saya sepakat dengan Pemerintah Kota Padangsidempuan, kita hanya berbatas admitrasi saja, tapi kita satu, satu bahasa satu budaya dengan ikatan Marsada Hata”, ungkap Bupati Madina.

H.Maslin Batubara salah seorang Tokoh Masyarakat Mandailing yang hadir pada acara silaturahmi tersebut juga mengungkapkan kita warga Mandailing tidak terlepas dari suatu ikatan kelompok yang hidup saling berdampingan, Mora, Kahanggi, Anak Boru sebagai simbol kekuatan yang tidak terpisahkan dari Dalihan Natolu. “Dalihan Na Tolu mengambarkan hubungan yang sangat erat tidak terpisahkan dan menjadi kekuatan kekerabatan dalam masyarakat Mandailing”, ungkapnya.

Acara silaturahmi yang dihadiri Raja-raja Mandailing dan tersebut berlangsung khidmat dan diakhiri dengan acara manortor bersama.  (Syahren)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pengurus Komnas PA Paluta Silaturahmi Ke Bupati

27 September 2022 - 22:42

Hindari Sebaran Racun H2S, Warga Desa Sibanggor Tonga Di Evakuasi

27 September 2022 - 21:42

Bantuan BBR Warga Terdampak Banjir Bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam Diserahkan

27 September 2022 - 21:33

Bupati Madina: Hentikan Operasional PT.SMGP Karena Tidak Memberi Rasa Aman Bagi Warga

27 September 2022 - 20:14

Ini Nama Korban Dugaan Paparan H2S Perusahaan SMGP

27 September 2022 - 19:50

Ketua TP PKK Madina Hadiri Kegiatan Pengobatan Gratis

27 September 2022 - 18:32

Trending di Berita Daerah